SMK di Purbalingga Memasukan Mata Pelajaran Pembuatan Batu Akik

demam batu akik,fenomena batu akik, batu akik,smk membuat batu akikFenomena yang terjadi sekarang ini pada masyarakat Indonesia yaitu semua orang pada demam sama batu akik, padahal dulu penggemar batu akik tidak se lebay sekarang. hampir semua orang dimana-mana membicarakan batu akik sampai di sekolah pun membahas ini. salah satunya SMK YPT 1 Purbalingga. Sekolah kejuruan ini bahkan memfasilitasi pembuatan batu akik yang beberapa waktu ke belakang memiliki prospek bisnis menjanjikan.

Kepala SMK YPT 1 Didi Agus SW mengatakan, dukungan yang diberikan sekolah ini dilakukan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan siswa. “Pihak sekolah memberikan fasilitasi proses pembuatan seperti pemotongan bahan dan pemolesan dengan menggunakan alat-alat yang biasa digunakan untuk praktik keseharian. Diharapkan, dengan adanya prakarya pembuatan batu akik, akan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam peluang bisnis pembuatan batu akik,” ujarnya di tengah pameran batu akik hasil karya siswa di lapangan sekolah tersebut, Jumat (13/2).

Seorang siswa, Taufik Setiawan (16) mengakui adanya pembelajaran pembuatan batu akik ini sangat membantu menopang ekonomi. Bahkan, dia mengatakan, bersama siswa lain kerap mencari sendiri bahan batu akik dari Sungai Klawing yang tak jauh dari sekolah, yang kemudian dibuat menjadi mata cincin, liontin, aksesoris jam tangan dan aksesoris lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Purbalingga Tasdi mengapresiasi langkah yang ditempuh sekolah. Menurutnya, dengan bekal keterampilan ini, siswa dapat membuat terobosan di bidang teknologi pengembangan batu akik Klawing.

Artikel Lain

Leave a Comment