Penyakit Lupus, Siapa Yang Tahu?

Beberapa waktu yang lalu saya lagi berjalan di Kampus, dua orang cewek menghampiri saya untuk menawarkan sesuatu. Hmmm sudah ilfill duluan saya, wah mau ditawarin produk ini saya disuruh beli ini itu, hufffttt. Setelah didatangi dua cewek tersebut baru ditanya saya, “Mas.., sudah tau tentang penyakit lupus? ehmm saya jawab sudah tau.., tahu tentang penyakit lupus dari tv”. Singkat ceritanya ada kegiatan sosial yang dilakukan oleh suatu organisasi peduli terhadap penyakit Lupus.
Mereka lagi menggalang dana untuk para pasien penyandang penyakit lupus dengan cara membagikan voucer ke orang-orang, voucer dibeli oleh orang lain dan dari pembelian voucer tersebut nantinya akan disumbangkan untuk para pasien penyandang penyakit lupus. Itu hanya sedikit cerita nyata yang saya alami, mungkin orang-orang juga ada yang pernah tahu mendapatkan pengalaman yang sama seperti saya.

Gambar Penyakit Lupus
Penyakit Lupus

Di dunia kedokteran penyakit lupus merupakan tergolong dalam penyakit yang mematikan, banyak yang meninggal dunia karena mengidap penyakit lupus ini, penyakit lupus menyerang kekebalan tubuh manusia, sehingga kekebalan tubuh menjadi berlebihan, Pada penderita penyakit ini awalnya mempunyai kelainan kulit seperti alergi yang berlebihan, berupa kemerahan disekitar hidung dan pipi. Terdapat bercak-bercak merah di bagian wajah dan lengan, mengalami kerontokkan rambut, sering mengalami bengkak pada persendian dan sariawan serta merasakan panas dan rasa lelah yang berkepanjangan. Penyakit ini bukan hanya menyerang pada kulit, akan tetapi juga bisa menyerang hampir ke seluruh organ yang ada di dalam tubuh manusia.

Penyakit ini memiliki tiga macam jenis, diantaranya adalah Cutaneus Lupus yang berpengaruh pada bagian kulit tubuh. Kedua, adalah Systemic Lupus Erythematosus (SLE) jenis ini menyerang organ tubuh seperti kulit, pembuluh darah, persendian, darah, paru-paru, ginjal, jantung, otak, hati dan syaraf. Untuk jenis ketiga disebut Drug Induced Lupus (DIL) jenis ini timbul karena mengkonsumsi obat-obatan jenis tertentu, jika obat telah dihentikan, biasanya gejalanya akan hilang.

Gejala Penyakit Lupus

  1. Gejala umumnya adalah penderita akan sering merasa lemah, kelelahan yang berlebihan, pegal-pegal dan persendian sakit.
  2. Timbulnya gangguan pada pencernakan seperti diare, sariawan yang terus-menerus dan demam tinggi yang berkepanjangan.
  3. Penderita akan mengalami anemia, karena sel-sel darah merah akan hancur apabila mengidap penyakit ini.
  4. Pada kulit penderita akan muncul ruam merah yang membentang di kedua pipi, mirip kupu-kupu. Dan ruam merah yang hampir menyerupai cakram dapat muncul di kulit pada seluruh bagian tubuh. Ada juga pada kulit sang penderita akan mudah gosong akibat terkena sinar matahari.
  5. Nampak Butterfly rash pada bagian wajah. Butterfly Rash adalah penderita lupus biasanya memiliki ciri-ciri gejala pada wajah yaitu bintik-bintik berwarna merah yang hampir sama bentuknya dengan kupu-kupu.
  6. Sendi membengkak, ketika akan diperiksa sendi tersebut nampak berwarna merah, selain itu juga di sendi terjadi pembengkakan.
  7. Penderita mengalami peradangan pada jantung dan juga paru-paru, meskipun terjadi peradangan pada jantung dan paru-paru biasanya tidak mempengaruhi kinerja pada organ-organ tersebut, biasanya penderita akan merasakan sakit pada saat menghirup nafas atau pada saat batuk.
  8. Penderita lupus biasanya kinerja ginjalnya tidak terlalu baik, sehingga ciri yang kelihatan adalah tidak normalnya air seni karena kerja ginjal tidak sempurna dalam menyaring protein yang dihasilkan oleh tubuh.
Gambar Penderita Penyakit Lupus
Penderita Penyakit Lupus

Dari gejala-gejala itu sebaiknya penderita melakukan Tes ANA, untuk memastikan seorang tersebut positif terkena penyakit lupus atau tidak, dengan melakukan ini seseorang dapat diketahui terkena penyakit lupus atau sebaliknya tidak terkena penyakit lupus.

Kalau sudah ada 8 gejala penyakit lupus diatas wajib cek darah untuk memastikan anda positif atau tidak terkena penyakit lupus.

Pencegahan dan Penyebab Penyakit Lupus

Perlu adanya pencegahan dari beberapa hal yang dapat menyebabkan penyakit lupus kembali kambuh, yaitu dengan cara menghindari stress, tetap menjaga tubuh tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung, mengurangi waktu kerja dan tidak mengkonsumsi obat-obatan tertentu secara berlebihan yang memicu timbulnya penyakit lupus.

Penyebab penyakit lupus adalah sistem imun yang ada di dalam tubuh seharusnya menjaga ketahanan tubuh seseorang malah sebaiknya menyerang sel-sel pada bagian tubuh pada manusia.

Pentingnya pengetahuan penderita lupus (Odapus) untuk mengetahui seputar perkembangan dan informasi terbaru seputar perkembangan dari penyakit lupus ini, oleh karena itu penderita lupus harus lebih memahami dan mengerti tentang gejala, makanan, pengobatan atau bahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi sakit lupus ini.

sumber :

  • http://www.arjoena.com/2013/12/gejala-penyakit-lupus.html
  • http://www.penyakitlupus.net/

Artikel Lain

Leave a Comment