Pengenalan dan Implementasi Class

Artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa yang dimaksud dengan Pemrograman Berorientasi Objek. Dalam konsep pemrograman berorientasi objek banyak istilah-istilah yang akan sering kita jumpai, salah satunya adalah class.

Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu, bisa diartikan juga bahwa class adalah suatu struktur dalam program yang berisi satu atau beberapa metode (dapat berupa fungsi dan/atau prosedur) dan atribut (dapat berupa data ataupun variabel yang akan dioperasikan dalam metode) kalau dilihat dari sisi pemrograman, dengan demikian atribut merupakan anggota kelas yang bersifat statis, sedangkan metode merupakan anggota kelas yang bersifat dinamis.

Sekarang kita coba implementasikan class didalam bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang akan kita coba untuk implementasi class adalah menggunakan bahasa pemrograman Java, dalam Java class didefinisikan menggunakan kata kunci class. Contoh kelas sederhana adalah sebagai berikut :

class Manusia {
String nama;
}

Pada kode diatas, kelas yang telah dibuat adalah kelas Manusia. Dan nama merupakan atribut yang dimiliki oleh kelas Manusia tersebut.

Artikel Lain

Leave a Comment