Pantai Bandengan Jepara Dengan Keindahan Pasir Putih

pantai bandengan jeparaPantai Bandengan Jepara yang mempunyai panorama yang indah dengan pasir putihnya, pantai bandengan merupakan salah satu pantai yang ada di pulau jawa tepatnya di kabupaten Jepara yang menjadi salah satu tujuan wisata pantai di jepara. Sebelum kita bahas jauh tentang pantai bandengan coba kita lihat dulu sejarah munculnya pantai bandengan. Pantai Bandengan terletak sekitar 7 kilometer dari pusat kota kabupaten Jepara.

Sebutan nama Pantai Bandengan yang berada di kabupaten Jepara ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yang dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa.

Lihat Juga: Karimunjawa Surganya Pantai di Pulau Jawa

Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan. Anda dapat menikmati rimbunnya pepohonan pandan atau pohon perdu di sepanjang pesisir Pantai Bandengan Jepara atau yang dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera.

Lihat Juga: Erotisme Benteng Portugis di Jepara

Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih, karena pantai merupakan pantai utara jawa sehingga ombaknya pun tidak besar. Karena itu pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, bermain voli pantai, berperahu, atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.

Bahkan pada saat Anda mencelupkan diri ke air laut yang bening, Anda dapat melihat ikan-ikan kecil sedang berlarian di dasar air laut. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana bermain air yang sangat menyenangkan mulai dari menaiki perahu, bermain air yaitu dengan menggunakan bantuan ban dan juga bermain banana boat seperti permainan yang ada di pantai-pantai bali.

Biaya yang ditawarkan untuk bermain wahan air itu pun tidak terlalu mahal, cukup dengan biaya Rp.30.000 anda bisa bermain banana boat, sedangkan jetsky anda harus merogoh kocek cukup dalam yaitu Rp60.000 dan biaya Rp10.000 untuk bermain dengan donuts ban.

Lihat Juga: Goa Pindul Ikon Desa Wisata Terkenal di Jogja

Disini anda juga bisa menikmati pesona panorama laut yang begitu indah dan cantik seperti matahari terbenam dan matahari terbit yang sayang untuk anda lewatkan. Untuk biaya masuk / retribusi pada tahun 2015 ini sesuai dengan Perda Kabupaten Jepara nomor 11 tahun 2010 tentang retrebusi tempat rekreasi Kabupaten Jepara, yaitu pada hari senin – jumat untuk anak-anak sebesar Rp. 2000,-, dewasa Rp. 3000,-, hari sabtu-minggu/hari libur, tarif untuk anak Rp. 3000,-, dan dewasa Rp. 5000.

Apabila anda ingin nginap di pantai bandengan ini tidak perlu jauh-jauh nyari hotel / penginapan yang dekat kota jepara, ada beberapa hotel yang sudah didirikan didekat pantai bandengan ini salah satunya adalah Hotel Palm Beach, hotel ini berada tidak jauh dengan pantai bandengan, view dalam hotel tersebut langsung mengarah ke bibir pantai. untuk alamat hotel palm beach di Jl. Tirta Samudera No. 191, Bandengan, Kec. Jepara, Jawa Tengah 59432.

hotel palm beach pantai bandangan jepara
View Pantai dari Hotel Palm Beach

Pantai Bandengan sering dikunjungi karena suasana alamnya yang unik. Anda dapat menemukan suasana pantai pasir putih yang luas. Kemudian Anda juga dapat menikmati keindahan air laut yang jernih. Serta yang menarik adalah hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai. Tentu ini membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini mampu menyaingi keindahan pantai di Bali.

Lihat Juga: Indahnya Pantai Poktunggal yang Masih Perawan

Anda juga dapat mengunjungi pulau di tengah laut dari Pantai Bandengan. Pulau yang dapat Anda kunjungi dari sini yaitu Pulau Panjang.

Pulau Panjang Jepara
Pulau Panjang Jepara

Di pulau ini Anda dapat menyaksikan kekayaan alam yang indah yaitu flora dan fauna yang menarik. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan biaya yang relatif murah.

Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano.

Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung.

Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu atau kapal yang siap mengajak Anda berkeliling pantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Bandengan.

Peta Pantai Bandengan :

Artikel Lain

2 thoughts on “Pantai Bandengan Jepara Dengan Keindahan Pasir Putih

  1. salah satu wisata unggulan jepara nih, pasirnya memang putih sekali disini

  2. terima kasih atas informasinya. artikel ini sangat membantu dan berguna sebagai referensi tujuan wisata yang recommended untuk dikunjungi:)

    http://pariwisata.gunadarma.ac.id/
    http://indonesia.gunadarma.ac.id/

Leave a Comment