Pagilaran, Wisata Keluarga Kabupaten Batang

Wisata Perkebunan Teh Pagilaran terletak dekat dengan perbukitan Dieng. Posisi tepatnya perkebunan teh pagilaran adalah di desa Kalisari, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kebetulan saya kelahiran Blado, jadi kalau dari rumah saya hanya 10 menit sudah sampai di perkebunan teh pagilaran. Udara yang sejuk dan hijaunya hamparan teh yang sangat luas bisa menyegarkan otak dan pikiran kita.

Tidak hanya di pagilaran, didaerah Blado pun di tempat orang tua saya juga udaranya dingin, sejuk dan segar. Oleh sebab itu kenapa Pagilaran menjadi salah satu tempat favorit untuk berwisata, karena dengan berwisata di pagilaran kita menjadi refresh, banyak sekali muda-mudi yang sering datang ke pagilaran, bukan hanya muda-mudi saja yang datang kesini. Tempat ini juga sangat cocok untuk tempat berkumpul bersama keluarga. Tiket masuknya cukup murah, dulu hanya sepuluh ribu rupiah per motor.

Selain kebun dan pabrik teh, disana juga banyak permainan yang bisa dinikmati. Ada kolam renang buat anak-anak, flying fox dan waduk kecil buatan untuk bermain becak air. Cukup dengan menggelar tikar  semua keluarga udah bisa ngumpul dan menikmati sejuknya udara di kebun teh pagilaran. Bisa juga membawa bekal makan dari rumah biar lebih seru.

Lihat Juga: Erotisme Benteng Portugis di Jepara

Berwisata itu untuk mencari kebahagiaan. Bahagia itu tidak selalu mahal, karena memang bahagia itu sederhana. Traveler sejati adalah traveler yang cinta dengan keluarganya.

Selain wisata jalan-jalan di kebun teh pengunjung bisa juga mengikuti berbagai paket wisata yang ditawarkan pengelola seperti wisata pendidikan, wisata ke pabrik melihat procesing tea, hiking, treking, dan lain sebagainnya. Bahkan, pengelola juga menyediakan arena wisata minat khusus berupa kunjungan ilmiah mengenai tanaman teh.

Selain itu ada beberapa objek pendukung seperti Curung Binorong dan Curung Kembar, hamparan cengkeh di sepanjang lereng pegunungan, objek peninggalan sejarah seperti rumah peninggalan Belanda, kopel, kereta gantung, dan bak air Sijegang.

Lihat Juga: 3 Pantai Indah di Gunung Kidul Yogyakarta

Perkebunan Teh Pagilran dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari Batang, dengan rute Bandar – Blado – Pagilaran. Sedangkan untuk kendaraan pribadi dan kendaraan khusus (misalnya rombongan wisata), objek ini bisa ditempuh melalui beberapa rute.

Rute Perjalan ke Kebun Teh Pagilaran

Apabila kendaraan berangkat dari Yogyakarta, maka bisa melalui Temanggung yang membutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Sedangkan kendaraan dari Semarang bisa melewati Kendal kemudian Sukorejo, yang mana hanya memerlukan waktu sekitar 3-4 jam. Sedangkan kendaraan dari arah Solo memerlukan waktu sekitar 4,5 sampai 5 jam. Untuk dari kota Batang sendiri kurang lebih membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dengan rute dari Kota Batang kemudian ke arah Kecamatan Bandar dan menuju ke kecamatan Blado. Sampai di perempatan kecamatan Blado ambil arah keselatan kurang lebih 10-15 menit sudah sampai ke Agrowisata Perkebunan Teh Pagilaran.

Foto-Foto Pemandangan Kebun Teh Pagilaran

Berikut foto-foto yang sudah pernah saya ambil dulu waktu masih masa kuliah, keasrian perkebunan teh pagilaran tidak kalah dengan kebun teh di bogor.

Kebun Teh Pagilaran Sore
Suasana Berkabut di Kebun Teh Pagilaran
Gerbang Masuk Kebun Teh Pagilaran
Gerbang Masuk Kebun Teh Pagilaran

Kebun Teh Pagilaran SoreKebun Teh Pagilaran Sore

Pemandangan Pagilaran dari Blado
Pemandangan Pagilaran dari Blado
Pemandangan Pagilaran dari Blado
Pemandangan Pagilaran dari Blado
Pemandangan Pagilaran dari Blado1
Pemandangan Pagilaran dari Blado
batu kodok pagilaran
Batu Kodok di Gerbang Masuk Kebun Teh Pagilaran

Lihat Juga: Jogja Bay Waterpark, Serunya Berpetualang Menjadi Bajak Laut

gambar Curug Binorong pagilaranDi dekat Perkebunan Teh Pagilaran juga banyak tempat wisata alami yang ada salah satunya adalah wisata Curug Binorong. Curug Binorong terletak di sekitar Perkebunan Teh Pagilaran, tempatnya menyenangkan untuk mandi dan menikmati indahnya air tejun yang masih alami bersama keluarga.

Peta Google Maps Agrowisata Pagilaran:

Artikel Lain

One thought on “Pagilaran, Wisata Keluarga Kabupaten Batang

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Pagilaran, Wisata Keluarga Kabupaten Batang “.
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

Leave a Comment