Bisakah Semut Jepang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

semut jepang,manfaat semut jepang,khasiat semut jepang

Sekarang ini banyak yang bertanya-tanya tentang serangga ini, kita lihat diberbagai informasi online / di internet banyak sekali yang membahas tentang serangga ini. Fenomena semut jepang ini sudah menjadi bahan perbincangan, apakah serangga ini benar dapat membantu menyembuhkan penyakit, atau hanyalah hoax semata. Ayo kita bahas serangga ini, sebenarnya apa sih keistimewaan serangga yang satu ini sehingga banyak diperbincangakan dikalangan masyarakat. Serangga ini di sebut sebagai Semut Jepangsebenarnya apa keistimewaannya dari semut jepang ini, banyak yang percaya semut jepang memilki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, beberapa penyakit dapat di turunkan keganasannya melalui serangga yang satu ini. Kebanyakan orang memanfaatkan semut jepang ini dengan cara dikonsumsi, jadi saya sarankan kalau ada yang jijik urungkan saja niatnya untuk mengkonsumsi semut jepang ini.

Mungkin belum banyak yang tahu dengan serangga ini ya, saya juga baru belum lama mengenal dengan serangga ini, serangga ini di Indonesia dikenal dengan sebutan Semut Jepang. Dari namanya yang kita tahu berarti serangga semut ini berasal dari Jepang. Masyarakat jepang mempercayai semut jepang ini memiliki banyak manfaat, serangga Semut Jepang  ini dipercayai memiliki manfaat dan khasiat yang mungkin tidak semua orang tahu bahwa manfaat semut jepang untuk kesehatan dan khasiatnya semut jepang dalam dunia kesehatan memiliki manfaat dan khasiat yang luar biasa.

Lihat juga: Manfaat Buah Pisang Untuk Ibu Hamil

Semut jepang memiliki ciri hampir tidak seperti kita tahu serangga semut pada umumnya, semut jepang memiliki bentuk seperti kumbang yang kecil berwarna hitam. Semut jepang memiliki badan yang keras, bersayap tetapi tidak bisa terbang, hidup berkelompok, suka be-reproduksi dan semut jepang merupakan bukan hewan kanibal.

Apakah ini benar atau tidak bahwa Semut jepang ini memiliki manfaat dan khasiat dalam menyembuhkan penyakit?, karena dipercaya memiliki manfaat ini semut jepang banyak dicari dan di budidaya kan oleh orang-orang. Berikut beberapa yang di katakan bahwa semut jepang memiliki manfaat dan khasiat untuk menurunkan penyakit:

  1. Semut jepang dipercaya memiliki manfaat menurunkan kolesterol. mereka percaya dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  2. Dipercaya dapat mengobati dan meringankan orang yang terkena penyakit jantung. mereka percaya dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  3. Semut jepang dipercaya dapat menstabilkan kadar gula darah dalam darah, bagi yang mengidap penyakit diabetes. Cara yang mereka lakukan untuk menurunkan kolesterol dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari konsumsi selama 1 bulan.
  4. Dipercaya menurunkan asam urat. Mereka yang percaya dengan mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari konsumsi selama 1 bulan
  5. Semut jepang juga dipercaya dapat menurunkan penderita tekanan darah tinggi / hipertensi. Cara yang dilakukan oleh orang yang mengkonsumsi semut jepang yaitu sebanyak 5 ekor diminum 2 kali sehari, apabila sudah terasa normal kurangi jumlah konsumsi semut jepang menjadi 3 ekor sehari.
  6. Semut jepang juga dipercaya menambah vitalitas pada pria maupun wanita, tubuh dapat menjadi lebih segar dan bugar. Mereka percaya dengan cara mengkonsumsi semut jepang sebanyak 5 ekor diminum pada saat istirahat malam hari. Insyaallah badan akan merasa segar dan bugar.
  7. Manfaat semut jepang yang lain dipercaya dapat meringankan penyakit hati, yaitu dengan mengkonsumsi semut jepang dengan jumlah yang sewajarnya saja dipercaya dapat meringankan keluhan penyakit hati.

Lihat Juga: Fenomena Semut Jepang di Masyarakat

 

Cara Mereka Mengkonsumsi Semut Jepang

Mereka yang percaya mengkonsumsi semut jepang dapat dilakukan dengan berbagai cara, dengan memasukan 3 ekor semut jepang kedalam gelas dan dituangkan aris panas hingga mati terus diaduk-aduk, kemudian kalau sudah hangat diminum. Jumlahnya sebenarnya mengikuti airnya kalau air dalam gelas banyak bisa juga ditambahkan 2 ekor semut jepang lagi. Cara yang kedua bisa mengkonsumsi langsung dengan cara memasukan 3 ekor semut jepang kedalam kapsul kosong kapsul yang terbuat dari rumput laut, kapsul kosong ini bisa dibeli di apotik kemudian diminum seperti meminum obat. Dan cara yang terakhir bisa memakai bantuan buah pisang, seperti halnya cara meminum yang tidak bisa menggunakan air minum, semut jepang dibenamkan/dimasukkan dalam pisang yang sudah dikunyah terlebih dahulu dalam mulut, ingat pisang jangan langsung ditelan kalau sudah dikunyah biarkan sebentar dan masukkan semut jepang kedalam pisang yang sudah terkunyah dan langsung telan saja pisang karena pisang sudah halus jadi tidak perlu dikunyah lagi. Cara-cara tersebut yang sering digunakan oleh orang-orang dalam mengkonsumsi semut jepang, seperti halnya cara meminum obat kan.

Lihat Juga : Manfaat Jeruk Nipis Untuk Memutihkan Kulit.

 

Efek Samping Mengkonsumsi Semut jepang

Sebenarnya apa sich.. efek samping ketika mengkonsumsi semut jepang? pasti banyak pertanyaan bagi anda tentang efeknya apa. Oke coba kita review tentang semut jepang ini, setiap benda yang masuk kedalam tubuh kita pasti mempengaruhi tubuh kita, jadi perlu diingat pasti ada efek samping yang timbul kalau kita mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan. Dari review yang saya baca ada yang menceritakan mengalami ngilu-ngilu setelah mengkonsumsi semut jepang secara berlebihan, tidak bisa tidur. Tetapi perlu diketahui juga ada yang tidak mengalami efek apapun, bisa jadi mungkin ada tubuh yang bisa menerima dan ada juga yang belum bisa menerima. Saran saya sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsinya yang sewajarnya saja supaya tetap terjaga kondisi badan kita. Ingat!!! ketika mengkonsumi semut jepang sebaiknya dalam kondisi bersih dipastikan tidak ada kotoran dan bakteri yang melekat pada serangga ini.

Cara Budidaya Semut Jepang

Untuk budidaya semut jepang cukup mudah, tidak membutuhkan tempat yang luas dan tidak perlu membuat tempat / kandang yang sulit, cukup semut jepang dimasukan kedalam toples atau semacam kontainer yang membuat semut jepang tidak bisa keluar dari wadahnya kemudian isilah wadah tersebut dengan kapas, tutup toples atau kontainer tersebut dan diberi lubang agar supaya bisa digunakan sebagai ventilasi udaranya. Makanan untuk serangga sangat mudah kita mencarinya yaitu ragi yang biasa untuk membuat tape itu, kita beri makan  semut jepang tersebut dengan ragi, tapi ingat berilah ragi tersebut untuk makanan semut jepang secukupnya, karena perlu anda tahu bahwa ragi bersifat panas kalau kebanyakan bisa-bisa malahan larva-larva atau semut jepang anakan yang baru menetas bisa mati kepanasan. Ragi di masukan kedalam toples atau kontainer yang sudah ada semut jepang dan sesuaikan jumlah ragi dengan ukuran toples atau kontainer dan jumlah semut jepangnya. Serangga ini bertelur dan menetas terhitung satu bulan, kemudain 4 minggu kemudian semut ini sudah bisa dipanen. Sebaiknya jaga selalu kondisi tempat semut jepang tinggal bersihkan selalu dan ganti kapas apabila sudah waktunya diganti guna menjaga kondisi semut jepang tetap hidup.

Bagaimana cara kita mendapatkan semut jepang, untuk mendapatkan semut jepang anda tinggal membeli di para peternak semut jepang, dan sekarang tidak harus ketemu para peternaknya karena memang sekarang banyak sekali yang sudah menjualnya secara online atau bisa juga kalau anda sudah membelinya anda bisa sebagian semut jepang dikonsumsi sebagian lagi di ternakan.

4 thoughts on “Bisakah Semut Jepang Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

  1. thanks gan sudah berbagi pengetahuan tentang manfaat semut jepang…

  2. Sangat bermanfaat sekali, terima kasih. mohon izin juga buat jadikan referensi untuk artikel yang akan dimuat di blog Tips Kesehatan

    1. Silahkan untuk dijadikan referensi, terimakasih sudah membaca artikel saya

  3. Saya sangat tertarik dengan tulisan anda. Saya juga mempunyai tulisan tentang kuliner-kuliner Indonesia yang tak kalah lezat, anda dapat mengunjunginya di Explore Indonesia

Leave a Comment