11 Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan

manfaat sayur okra11 Manfaat Sayur Okra Untuk Kesehatan – Mendengar namanya mungkin masyarakat masih jarang yang tahu tentang tanaman ini. Okra merupakan tanaman yang berasal dari benua Afrika, tanaman ini merupakan tanaman yang tergolong dalam keluarga Malvaceae (kapas-kapasan) dan banyak dibudidayakan di daerah yang memiliki iklim tropis dan hangat.

Buah okra banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan, berikut beberapa kandungan gizi yang terdapat pada okra:

  1. Kandungan pada energi mengandung nilai gizi sebesar 1.5 %.
  2. Kandungan karbohidrat memiliki nilai gizi 7.03 g.
  3. Protein mengandung 2.0 g.
  4. Pada Lemak mengandung gizi sebanyak 0.1 g.
  5. Terdapat kandungan vitamin A, C, E dan K.
  6. Juga mengandung Kalsium, mengandung Tembaga, Potasium, Besi dan banyak nilai gizi lainnya.

Lihat Juga: Berbagai Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Selain memiliki nilai gizi yang banyak, Tanaman Okra mempunyai beberapa manfaat yang  untuk kesehatan yaitu:

  1. Dapat membantu menurunkan berat badan.

Kenapa tanaman okra dapat membantu menurunkan berat badan, karena pada tanaman ini setiap 100gram okra itu hanya mengandung 30 kalori, juga tidak mengandung lemak jenuh yang dapat menyebabkan kolesterol. Dengan jumlah kalori yang terkandung dalam okra tidak banyak dapat membantu dalam program diet.

  1. Dapat membantu mencegah sembelit.

Karena tanaman okra itu kaya akan serat, sehingga dengan mengkonsumsi okra dapat membantu melancarkan pencernaan, pada tanaman okra kaya akan lendir. Lendir dapat melancarkan proses pencernaan.

  1. Membantu melindungi paru-paru.

Pada tanaman okra terdapat senyawa flavonoid yang memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi paru-paru. Antioksidan apa saja yang terkandung pada okra yaitu seperti beta-karoten, lutein dan xanthin.

  1. Menjaga kesehatan mata dan kulit.

Dari salah satu kandungan vitamin pada okra adalah vitamin A, vitamin A baik untuk kesehatan mata dan kulit.

  1. Mencegah kanker rongga mulut.

Antioksidan yang terdapat pada okra dapat membantu mencegah kanker rongga mulut.

  1. Mencegah resiko cacat pada janin.

Untuk wanita yang sedang hamil mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kaya akan folat sangat baik untuk perkembangan janin. Okra merupakan tanaman yang kaya akan penghasil folat.

  1. Membantu menjaga sistem kekebalan tubuh, memperkuat tulang dan gigi.

Dalam satu buah okra terdapat 36% kandungan dari manfaat vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Tanaman okra mengandung vitamin K yang baik bagi kesehatan tulang dan gigi.

  1. Menjaga keseimbangan tubuh.

Tanaman okra kaya akan manfaat dari vitamin B kompleks yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

  1. Membantu metabolisme energy.

Terdapat senyawa didalam okra yang membantu metabolisme energy, yaitu terdapat kandungan mangaan dan magnesium.

  1. Menurunkan kolestrol.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak okra dapat membantu menurunkan kolesterol.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung dan juga bermanfaat untuk penderita diabetes.

Lihat Juga: Efek Samping Sauna Bagi Kesehatan Pria

Antioksidan yang terdapat pada okra dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung seperti senyawa katekin, quercetin, procyanidin, rutin dan epicatehin.

Dari penjabaran diatas bisa kita ketahui bahwa okra merupakan tanaman yang banyak memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Sudah dilakukan penelitian bahwa okra dapat menstabilkan gula darah yang dialami oleh penderita diabetes.

Seperti yang diutarakan pada laman manfaat.co.id terdapat penelitian pada tahun 2011 yang diterbitkan oleh ISRN farmasi, bahwa manfaat okra dapat membantu mengurangi penyerapan glukosa, yang pada gilirannya dapat mengurangi kadar gula darah.

Dijelaskan juga bahwa okra merupakan sumber yang kaya serat dan telah digunakan secara tradisional untuk penderita diabetes.

Para ahli kesehatan menyarankan apabila ingin mengkonsumsi okra sebaiknya jangan bersamaan dengan mengkonsumsi metforin, karena justru akan menambah kadar gula darah.

Beberapa tips dalam pengolahan okra, yaitu bisa diolah dengan cara dicincang atau diiris, kemudian direbus atau bisa ditumis dengan minyak panas. Okra dapat dikonsumsi dengan nasi atau lauk.

Ada beberapa tips menyimpan okra supaya awet, karena buah okra memang mudah busuk. Supaya buah okra tidak mudah membusuk simpanlah di lemari es, tetapi dalam proses penyimpanannya dimasukan ke dalam wadah atau Tupperware yang tertutup rapat agar tetap segar.

Untuk harga buah okra biasanya dijual dengan harga kurang lebih 5 ribu per 100 gramnya, biasanya bisa anda jumpai di berbagai supermarket.

Artikel Lain

Leave a Comment