Makna Grebeg Mauludan Gunungan Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat

Bagi warga jogja setiap maulud nabi merayakan grebegan maulud, sebenarnya apa yang dimaksud dengan perayaan warga jogja ini.Grebeg Gunungan Maulud (Sekaten)

Perayaan Grebeg Sekaten disebut juga Grebeg Maulud atau Grebeg Gunungan dan atau Grebeg Ageng yang diadakan untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW yang diakhiri dengyan acara Grebeg Maulud.

Jika kita menelisik sejarah, kata “grebeg” berasal dari kata “gumrebeg” artinya riuh, ribut dan ramai. Istilah grebeg awalnya berarti “gerak bersama”, kemudian menjadi “jalan maja”, “iring-iringan”. Upacara grebeg merupakan upacara terpenting karena mengungkapkan pada tingkat tertinggi, yaitu tindakan raja yang menggerakkan dunia.
Grebeg Maulud adalah suatu acara yang diprakarsai Sunan Kalijaga. Aslinya, acara ini adalah tabligh atau pengajian akbar yang diselenggarakan para wali di depan masjid Demak untuk memperingati Maulud Nabi.

Dalam kesempatan itu juga diadakan musyawarah tahunan para wali. Di halaman masjid Demak ditempatkan gamelan dan komplek masjid dihias dengan hiasan yang menarik dan meriah seperti pasar malam. Orang yang ingin melihat perayaan harus melalui pintu yang disebut Gapura Sembaru dengan mengucapkan syahadat.
Sesudah pengunjung melimpah maka gamelan ditabuh disertai tembang-tembang keagamaan kemudian diselingi ceramah atau dakwah para wali. Perayaan itu berlangsung seminggu penuh. Pada jaman itu belum disebut Grebeg, kata Grebeg baru ada di jaman Keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Ada juga istilah yang disebut dengan endhog Abang, Endog Abang melambangkan tiga hal.
Pertama endog atau telur melambangkan kelahiran dan abang atau merah bermakna kesejahteraan. Sedangkan helai ruas bambu panjang adalah hubungan vertikal dengan Sang Pencipta. Sehingga secara kesatuan

Endog Abang dapat dimaknai sebagai simbol kelahiran kembali untuk masa depan yang lebih baik, lebih sejahtera dengan tetap berpedoman kepada garis yang ditentukan oleh Allah.

menawi wonten lepatipun monggo dipun leresaken…

Artikel Lain

Leave a Comment