Makanan Pertama Pendamping ASI

bayi makan

Bagi orang tua yang baru memiliki anak pertama merupakan masa-masa yang paling bahagia, karena memang sebagai orang kita pertama kali memiliki anak membuat hidup menjadi lebih bahagia apalagi sikecil mulai beranjak tumbuh besar. Pada umur 6 bulan bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI yang memang berguna untuk pengenalan sibayi terhadap makanan selain ASI. Makanan yang diberikan terhadap bayi yang baru menginjak umur 6 bulan memang bukan makanan yang berat, tetapi tujuan makanan yang diberikan hanya sebagai pendamping selain asupan makanan dari ASI.

Para orang tua yang baru pertama memiliki bayi pasti akan kebingunan dengan makanan apa yang seharusnya cocok untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI, karena memang tidak semua sistem pencernaan bayi bisa menerima makanan pendamping tersebut. Perlu dilakukan pengenalan dengan porsi yang sangat sedikit untuk mengetahui sibayi bisa menerima makanan pendamping tersebut, apabila setelah diobservasi sampai hari esoknya dan sibayi bisa menerima makanan tersebut bisa dilanjutkan untuk porsi yang lebih banyak.

Kebutuhan yang dibutuhkan oleh sibayi dalam asupan makanan yang bisa diberikan adalah makanan yang mengandung nutrisi yang baik bagi perkembangan sibayi. Protein merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh sibayi yang baru berumur 6 bulan, untuk kebutuhan nutrisi protein pada makanan bisa berasal dari berbagai jenis daging seperti daging sapi, daging ayam, ikan salmon. Selain protein bayi juga membutuhkan nutrisi yang mengandung karbohidrat, asupan karbohidrat sebenarnya sudah bisa diambil dari ASI tetapi karbohidrat bisa diberikan kepada bayi dengan porsi yang sedikit supaya tidak terjadi kelebihan karbohidrat. Asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi juga harus mengandung vitamin dan mineral, karena memang kebutuhan nutrisi untuk bayi harus lengkap, contoh vitamin yang dibutuhkan oleh bayi bisa berupa vitamin A, B, C, D, E dan K. sumber nutrisi tersebut dapat berasal dari berbagai sayuran seperti sayur brokoli, sayur bayam, tomat, wortel dan juga dari berbagai macam buah-buahan seperti papaya, pisang yang memang tidak mengandung banyak asam sehingga cukup aman untuk bayi yang baru mengenal makanan.

Tata cara memperkenalkan bayi dengan makanan yang baru dikenal ini sebaiknya diperkenalkan secara bertahap, sebaiknya bertahap dengan 1 jenis makanan terlebih dahulu supaya sikecil mengenal rasa makanan yang baru dikenalnya. Umumnya perkenalan terhadap makanan pertama pendamping ASI ini dengan makanan  yang memiliki rasa cenderung manis agar sibayi mau memakannya. Untuk bahan makanan yang bisa dikenalkan dengan rasa manis contohnya wortel, caranya bisa dengan wortel dikukus terlebih dahulu kemudian diblender hingga halus kemudian saring wortel yang sudah dihaluskan tersebut, berikan ke bayi dengan cara bertahap dengan sendok bayi yang kecil. Berikan wortel yang dihalukan tersebut kurang lebih tiga hari berturut-turut, kemudian bisa digantikan dengan makanan pendamping ASI yang lain. Untuk bahan makanan pendamping yang lain caranya juga sama dengan mengukus dan memblender bahan makanan tersebut, untuk bahan dari buah bisa dengan menghaluskan buah tersebut tandap dikukus.

Cara memberikan makanan pendamping ASI

Cobalah dengan mengenalkan makanan tersebut dilidah sibayi, apabila bayi kelihatan suka dengan rasanya dilanjutkan dengan memberikan makanan dengan sendok bayi.  Pemberian untuk perkenalan perdana untuk bayi bisa mencoba dengan 2-3 sendok makan, jika memang bayi masih ingin merasakan makanan tersebut kita berikan saja, tetapi perlu diingat jangan banyak-banyak secukupnya saja.

Perlu di ingat bahwa pemberian makanan pendamping ASI bertujuan untuk memperkenalkan bayi dengan variasi rasa baru, jika memang bayi sudah tidak ingin memakan lagi sebaiknya jangan dipaksa karena bisa membuat bayi menjadi trauma.

Perlakuan dalam memberikan makanan pertama kepada bayi kita sebagai orang tua harus sabar dan tekun, salah satu contohnya waktu memberikan makanan dengan bahan sayuran seperti brokoli biasanya bayi tidak akan suka dengan rasanya, apabila tidak suka jangan dipaksakan tetapi juga harus diberikan pengenalan dengan rasa brokoli tersebut secara bertahap.

Waktu memberikan makanan pendamping ASI

Jadwal pemberian makanan pendamping ini untuk pertama kalinya sebaiknya diberikan 2 kali sehari terlebih dahulu untuk penyesuaian pencernaan bayi, waktu pagi hari sekitar jam 10:00 dan untuk waktu sore hari bisa jam 16:00. Pemberian makanan kepada bayi bisa diberikan sampai 3 kali sehari apabila sibayi sudah terbiasa dengan makanan penamping ASI tersebut.

Beberapa bahan makanan yang bisa diberikan sebagai pendamping ASI

  1. Buah Pisang
  2. Buah Pir
  3. Buah Apel
  4. Wortel
  5. Brokoli

Berikut beberapa buah yang bisa diberikan kepada bayi sebagai makanan perdana pendamping ASI, bisa juga bahan makanan selain tersebut yang penting bahwa jangan memberikan makanan yang dapat mempengaruhi kondisi pencernaan sibayi menjadi tidak nyaman.

Sumber gambar : www.popsugar.com

Artikel Lain

2 thoughts on “Makanan Pertama Pendamping ASI

  1. Terimakasih atas informasi yang diberikan, website saya sedang masa tahap pengembangan dan konten yang saya buat adalah tentang makanan pendamping asi untuk bayi, silahkan kunjungi website saya, terimakasih.

    1. terimakasih atas komennya

Leave a Comment