Keunikan Daun Sirsak Untuk Mengobati Wasir

khasiat daun sirsak
Sumber Gambar : prestoimages.net

Keunikan Daun Sirsak Untuk Mengobati Wasir – Anda yang mengalami masalah kesehatan ini pasti akan mengalami kesakitan pada saat buang air besar, penyakit wasir atau ambeien ini tidak bisa kita anggap remeh karena pada saat buang air besar biasanya akan mengeluarkan darah, karena pada saat buang air besar penyakit ini mengakibatkan pembuluh darah pada anus membengkak.

Oleh sebab itu kita bisa mengaplikasikan manfaat dan khasiat dari daun sirsak untuk menyembuhkan penyakit wasir atau ambeien, cara ini adalah cara menyembuhkan wasir secara alami tanpa perlu menggunakan obat-obatan yang berbahan kimia.

Penyebab Penyakit Ambeien atau Wasir

Sebelum kita bahas cara memanfaatkan daun sirsak (soursop leaves) untuk wasir sebaiknya perlu kita tahu bahwa apakah penyebab penyakit wasir atau ambeien ini. Penyakit wasir atau ambeien sering menyerang orang yang sering melakukan posisi duduk dalam waktu yang lama, duduk jarang bergerak untuk meregangkan otot-otot dan pembuluh darah dalam tubuh.

Aktivitas seseorang yang sering terkena ambeien biasanya adalah kasir, operator, tukang jahit atau pegawai kantoran yang duduk selama beberapa jam lamanya. Dengan posisi duduk yang terlalu lama dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada pembuluh darah di anus.

Mengejan pada saat buang air besar juga menjadi faktor penyebab terkena penyakit wasir atau ambeien, kekurangan serat menyebabkan pada saat buang air besar menjadi sulit, karena kotorang yang mengeras akan lebih sulit untuk dikeluarkan sehingga dinding disekitar anus dapat mengalami peradangan dan pembengkakan.

Lihat Juga: Awas, Jangan Salah Mengambil Khasiat Kulit Manggis

Usahakan apabila anda sedang dikantor sering-seringlah berdiri melakukan peregangan dan biasakan jalan-jalan kecil disekitar ruangan untuk mengurangi terkena penyakit wasir, makanlah makanan yang cukup serat supaya pada saat buang air besar menjadi lebih mudah.

Kalau anda mengendarai kendaraan mobil ataukah motor upayakan jok mobil ataukah motor yang standard an nyaman untuk kita duduki dalam kurun waktu yang agak lama, apabila dalam berkendara sudah agak merasa kepanasan pada pantat sebaiknya berhenti dulu untuk istrihat dan melakukan peregangan.

Gejala Yang Timbul Apabila Terkena Penyakit Wasir

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan sesorang terkena penyakit wasir, sebelum penyakit menjadi lebih parah sebaiknya kita kenali dulu gejala-gejala jika terkena penyakit wasir.

  • Timbulnya rasa panas pada saat buang air besar.

Perlu kita cermati ketika kita melakukan buang air besar apabila terasa panas pada bagian anus bisa jadi itu gejala akan terkena penyakit wasir.

  • Timbulnya rasa sakit pada bagian anus.

Gejala yang timbul apabila seseorang terkena penyakit wasir yaitu timbulnya rasa sakit pada bagian anus, rasa sakit tersebut akan lebih terasa apabila sedang buang air besar atau setelah buang air besar. Jadi apa bila anda merasakan sakit pada bagian anus sebaiknya perlu diperhatikan.

  • Tumbuh benjolan kecil pada kulit bagian anus.

Ketika pada bagian anus sudah terasa sakit bararti sudah menandakan gejala terkena penyakit wasir, dan gejala awal yang paling mudah diketahui adalah tumbuhnya benjolan yang disebabkan oleh pembesaran pembuluh darah. Pembuluh darah membesar disebabkan oleh kebiasaan sering mengejan terlalu keras, jadi ketika buang air besar jangan terlalu sering mengejan untuk mengeluarkan kotoran.

  • Timbulnya rasa gatal di daerah kulit anus.

Kulit anus akan terasa gatal yang disebabkan oleh cairan lendir yang keluar karena akibat benjolan.

  • Timbulnya pendarahan.

Pembuluh darah yang membesar akan pecah jika kita terus-terusan mengejan dengan tujuan untuk mengeluarkan feases, jadi dengan membesarnya pembuluh darah menyebabkan buang air besar menjadi sulit.

Tingkat Stadium Penyakit Wasir

Tingkat keparahan dari penyakit wasir dibagi menjadi empat stadium:

  • Wasir Stadium 1: Kondisi penyakit wasir yang sudah berdarah, tatapi tidak prolaps.
  • Wasir Stadium 2: Kondisi wasir yang sudah prolaps, tetapi masih dapat ditarik oleh diri sendiri dengan cara berdiri (bisa pendarahan atau tidak pendarahan).
  • Wasir Stadium 3: Kondisi wasir yang sudah prolaps, tetapi masih dapat dikembalikan dengan bantuan jari tangan untuk mendorongnya.
  • Wasir Stadium 4: Kondisi penyakit wasir yang sudah akut, sudah terjadi prolaps dan tidak dapat didorong kembali masuk ke tempat semula.

 

Lihat Juga: Ternyata Manfaat Pisang Bisa Membuat Masa Hamil Anda Ringan

Pengobatan Alternatif Daun Sirsak Untuk Mengobati Penyakit Wasir

Ternyata penyakit wasir atau ambeien sebenarnya dapat diobati secara alami dengan menggunakan daun sirsak, khasiat daun sirsak dalam dunia kesehatan memang banyak memiliki manfaat, sering diutarakan bahwa daun sirsak memiliki khasiat untuk pengobatan penyakit kanker. Dalam mengobati penyakit ambeien juga caranya hampir sama dengan mengobati penyakit kanker.

Cara Mengobati Penyakit Wasir Dengan Daun Sirsak

Cara mengobati wasir dengan daun sirsak yang harus kita lakukan adalah:

  1. Ambil daun sirsak 7 sampai 10 helai kemudian cuci hingga bersih, rebuslah air dalam panci dan masukan daun sirsak tersebut, rebus daun sirsak tersebut hingga air dalam panci tinggal sedikit kira-kira tinggal satu gelas.
  2. Saring air rebusan tadi agar daun terpisah dengan air rebusan yang akan diminum dan minum air rebusan daun sirsak tersebut sehari 1 gelas secara rutin. Apabila menginginkan air rebusan enak diminum bisa ditambahkan sedikit gula jawa sebagai pemanisnya.

Dengan meminum air rebusan daun sirsak ini secara rutin sebenarnya juga baik untuk tubuh kita, apabila anda terkena penyakit kanker juga bisa memanfaatkan daun sirsak ini untuk pengobatan penyakit kanker.

Perlu diingat bahwa biasanya daun sirsak digunakan untuk menurunkan darah tinggi, sebaiknya orang mempunyai darah rendah tidaklah sering meminum air daun sirsak ini dan juga sebelum melakukan pengobatan penyakit secara alami ini dengan daun sirsak konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anda, karena dokter anda bisa melakukan cek-up terhadap diri anda untuk mengetahui kondisi kesehatan diri anda.

Lihat Juga: Berbagai Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Selain daun sirsak ada beberapa bahan alami yang menjadi alternative untuk mengobati penyakit ambeien, yaitu dapat menggunakan Daun Jambu Biji, Daun Pegagan, Lidah Buaya, Daun Ungu, Jeruk Nipis dan Jahe dan juga Kulit Manggis.

Lakukan Kebiasaan Berikut Supaya Tidak Terkena Penyakit Ambeien

Penyakit wasir atau ambeien dapat dicegah dengan pola hidup yang sehat dan ikuti tips-tips berikut supaya dapat mencegah terkena penyakit wasir:

  1. Lakukan pola hidup yang sehat tentunya.
  2. Olah raga yang cukup dan teratur supaya tubuh tetap fit.
  3. Makanlan makanan yang memiliki banyak serat.
  4. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba dan sejenisnya.
  5. Jangan terlalu berlama-lama duduk, biasakan jalan kecil-kecil apabila harus sering duduk.
  6. Jangan terlalu sering buang air besar kalau tidak begitu berkeinginan.
  7. Jangan melakukan aktivitas hubungan suami istri yang tidak wajar.
  8. Banyak minum air, sesuai anjuran paling tidak 8 gelas sehari.
  9. Jangan keseringan menahan buang air kecil maupun buang air besar.
  10. Jangan mengejan / mengeden pada saat BAB secara berlebihan.
  11. Kalau tidak ingin BAB jangan dipaksakan.
  12. Duduk berendam pada air hangat.
  13. Apabila sudah pernah memiliki penyakit ambeien, minumlah obat ambeien sesuai anjuran dokter.

Itulah artikel yang membahas tentang khasiat dari daun sirsak yang bisa anda manfaatkan untuk kesehatan anda, tetapi perlu diingat juga bahwa menjaga kesehatan itu penting, lakukanlah olahraga secara rutin, makan makanan yang memang bergizi dan berserat supaya tubuh kita tetap sehat. Apabila anda suka dengan artikel ini bisa bantu untuk dibagikan keteman anda melalui media social.

Artikel Lain

Leave a Comment