Karimunjawa Surganya Pantai Pulau Jawa

Gerbang KarimunJawa
Gerbang KarimunJawa

Pantai-pantai di Pulau Jawa memang banyak yang indah, dari jajaran pantai-pantai di selatan pulau jawa maupun utara pulau jawa yang sangat luas. Salah satu pantai yang terbaik di pulau jawa dan dijadikan objek wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun dari luar negeri yaitu pantai-pantai yang berada di pulau KarimunJawa.

Karimunjawa merupakan digolongkan dalam Taman Nasional, Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan 27 buah pulau yang memiliki tipe ekosistem hutan hujan dataran rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang.

Lihat Juga: Erotisme Benteng Portugis di Jepara

Nama Karimunjawa berasal dari zaman Sunan Muria yaitu salah satu tokoh penyebar Agama Islam. Sunan Muria melihat pulau-pulau di Karimunjawa sangat samar dari Pulau Jawa (kremun-kremun soko Jowo). Peninggalan-peninggalan Sunan Nyamplungan/Amir Hasan (anak dari Sunan Muria) seperti ikan lele (Clarias meladerma) tanpa patil, makam Nyamplungan, kayu dewodaru, sentigi, kalimosodo, dan ular edhor, dikeramatkan oleh penduduk Karimunjawa.

Beberapa lokasi/obyek yang menarik untuk dikunjungi:
Pulau Menjangan Kecil, Menjangan Besar, Tanjung Gelam, Legon Lele, Genting, Kembar, Parang, Cemara dan Krakal. Wisata bahari seperti berlayar, selancar air, ski air, berenang, berjemur di pantai pasir putih, berkemah, wisata budaya, pengamatan rusa dan burung serta menyelam/snorkeling. Paket wisata untuk mengunjungi pulau-pulau tersebut dapat menghubungi biro perjalanan di Semarang/Jepara (tour satu sampai dengan tujuh hari).

Lihat Juga: 3 Pantai di Gunung Kidul Tujuan Wisata Keluarga

Berenang dengan hiu di Kariumnjawa
Berenang dengan hiu di Kariumnjawa

Atraksi budaya di luar taman nasional yaitu Festival Durian dan Lomban pada bulan Januari/Maret di Jepara.

Musim kunjungan terbaik: bulan April s/d Oktober setiap tahunnya.

Cara pencapaian lokasi: Semarang-Jepara menggunakan bis selama 1,5 jam, Jepara (Pelabuhan Kartini) menuju Karimunjawa dengan naik Fery/kapal motor dengan lama perjalanan ± 6 jam, dan hanya ada satu kali dalam seminggu (Senin). Dari Semarang (Bandara Achmad Yani) menuju Pulau Kemujan (Bandar Dewodaru) dengan pesawat udara, sekali dalam seminggu (untuk sementara jalur penerbangan tersebut tidak diaktifkan).

Banyak sekali obyek wisata di Pulai Karimunjawa antara lain wisatawan dapat berenang bersama hiu-hiu yang berada dalam konservasi, dalam suatu kolam/wadah wisatawan dapat berenang dengan hiu yang memang dipelihara.

Lihat Juga: Agrowisata Kebun Teh Pagilaran Batang Jawa Tengah

Ada juga obyek wisata lain di Karimunjawa yang banyak diminati oleh wisatawan, yaitu wisata snorkling di pantai Karimunjawa, wisata snorkling untuk melihat suasana dibawah laut, bisa melihat kerang-kerang yang tumbuh indah dan ikan-ikan yang berkeliaran di alam bebas. tenang saja bagi wisatawan yang tidak begitu bisa renang, karena ada pemandu disana pada saat melakukan snorkling.

Snorkling di Karimunjawa
Snorkling di Karimunjawa

4 thoughts on “Karimunjawa Surganya Pantai Pulau Jawa

  1. Kira-kira berapa biaya ke sana ya?

    1. Mantap juga nih kalo liburan kesana…..bisa Surving

  2. One of the best beaches on the island of Java and used as a tourist attraction most visited by tourists both local and from abroad, namely beaches are on the karimunjawa.
    now nice spot is “taka Nemo”, just ask to boatdriver they will guide you.

  3. terima kasih atas informasinya. artikel ini sangat membantu dan berguna sebagai referensi tujuan wisata yang recommended untuk dikunjungi:)

    http://pariwisata.gunadarma.ac.id/
    http://indonesia.gunadarma.ac.id/

Leave a Comment