Hari Jadi Kota Jogja

hari jadi kota jogja,hari jadi jogjakarta,sejarah kota jogja,tanggal hari jadi kota jogja
Tugu Jogja

Jogjakarta merupakan provinsi di Indonesia yang mempunyai hak keistimewaan dibanding provinsi-provinsi yang lainnya di Indonesia, walaupun ada Gubernur dan wakil Gubernur tetapi Jogjakarta memiliki mekanisme pemerintahan kerajaan dengan dipimpin oleh Kesultanan. Jogjakarta sekarang dipimpin oleh Kesultanan Hamengkubuwana X dan wakilnya adalah Paku Alam IX.

Keistimewaan Kota Jogja sudah disandang sejak jaman penjajahan mulai dari VOC hingga Indonesia dijajah oleh tentara Jepang status pemerintahan Jogjakarta memiliki status sebagai Kerajaan/Negara bagian atau istilah lainnya Dependent state. Jogjakarta diberi kewenangan dalam mengatur dan mengurus wilayahnya dibawah pemerintahan pada masa itu. Status ini pula juga diakui oleh Indonesia sejak kemerdekaan oleh Presiden Soekarno yang berada dalam BPUPKI dan PPKI sebagai sebuah daerah yang memiliki status keistimewaan khusus.

Pada hari kamis pahing tanggal 13 Sura 1682 bertepatan dengan kalender masehi yaitu tanggal 7 Oktober 1756, Sri Sultan Hamengkubuwana I berserta keluarganya pindahan dari pesanggrahan Ambarketawang ke Kraton Ngayogyakarta. Peristiwa pindahan Sri Sultan Hamengkubuwana I ini ditandai dengan candra sengkala memet Dwi Naga Rasa Tunggal berupa dua ekor naga yang kedua ekornya saling melilit dan diukirkan di atas banon/renteng kelir baturana Kagungan Dalem Regol Kemagangan dan Regol Gadhung Mlathi. Bertepatan pada tanggal 7 Oktober itulah menjadi tanggal hari jadi Kota Yogyakarta.

Yogyakarta memiliki banyak kebudayaan yang masih dipegang teguh oleh masyarakatnya sampai sekarang, salah satunya adalah tradisi grebeg mauludan gunungan yang dirayakan untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW. Terdapat gunungan yang nantinya akan diperebutkan oleh masyarakat jogja. Tradisi grebeg mauludan ini sudah ada sejak jaman dahulu yaitu diprakarsai sejak eranya sunan Kalijaga.

sumber gambar : psikologi.ugm.ac.id

Artikel Lain

Leave a Comment