Eksotisme Panorama Alam Desa Wisata Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

desa wisata yogyakartaKetika Anda ingin mengunjungi kota gudeg, tentunya kurang lengkap jika Anda tidak mengunjungi salah satu desa wisata yogyakarta ini. Desa yang kaya dengan panorama alamnya dan desa yang sangat cocok untuk dijadikan  tujuan Anda dalam rangka merefresh pikiran Anda yang tiap hari terjebak didalam rutinitas dan kepenatan menjalani kehidupan.

Desa ini dinamakan desa wisata Pentingsari. Salah satu desa wisata yogyakarta yang satu ini menyediakan banyak sekali eksotisme panorama alam yang sanagat cocok untuk Anda kunjungi disaat liburan. Adapun obyek wisata yang terdapat di desa wisata Pentingsari adalah sebagai berikut.

  1. Luweng

Luweng berfungsi untuk alat masak warga dusun Pentingsari dalam menyediakan makanan bagi tentara Pangeran Diponegoro, disamping itu juga sebagai tempat persembunyian bila dalam posisi terdesak.

  1. Pancuran Suci Sendang Sari

Menurut kepercayaan yang berkembang Pancuran ini merupakan tempat bertemunya Dewi Nawang Wulan dan Joko Tarup. Khasiatnya adalah bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan membuat awet muda dengan minum atau cuci muka dengan air ini.

  1. Batu Dakon

Batu dakon yang satu ini dipercaya memiliki nilai mistis. Batu ini dipercaya sebagai tempat mengatur setrategi perang dan meramal nasib   pada waktu perjuangan mengusir penjajah Belanda.

  1. Batu Persembahan

Batu ini dipercaya digunakan sebagai tempat persembahan kepada ular besar yang singgah di Ponteng yang dipercaya sebagai anak dari Baru. Persembahan dilakukan tiap bulan Suro ( bulan jawa)

  1. Ponteng

Ponteng merupakan Tempat pertemuan sungai Kuning dan Sungai Pawon ( tempuran ) di Ujung Selatan Dusun Pentingsari dan di percaya ada sebuah goa sebagai tempat singgahnya ular besar anak dari baruklinting.

  1. Jalur Tracking

Desa ini diapait oleh Dua Sungai (Sungai Pawon dan Sungai Kuning ) sangat cocok untuk traking  remaja, anak-anak,dewasa dan orang tua dengan melewati jalur  susur sungai, melewati hamparan sawah, naik turun tebing dengan terowongan yang sangat unik dan indah.

Bagi Anda yang ingin mengunjungi kota yogyakarta tidak ada salahnya untuk berkunjung di desa wisata yang satu ini. Karena menurut saya ini adalah salah satu desa wisata yogyakarta yang wajib Anda kunjungi.

Leave a Comment