Efek Samping Sauna Bagi Kesehatan Pria

gambar saunaEfek Samping Sauna Bagi Kesehatan Pria – Salah satu terapi yang juga disenangi banyak orang seperti halnya para orang jepang adalah sauna, terapi yang dilakukan dalam ruangan khusus dengan cara penguapan untuk mengeluarkan keringat. Terapi sauna dipercaya memberikan efek baik bagi kesehatan, yaitu dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, dapat membantu melangsingkan tubuh, dapat meningkatkan sirkulasi darah dan juga dipercaya dapat mampu membersihkan tubuh, mendukung proses detoksifikasi.

Terdapat dua jenis sauna yang dapat dibedakan, yaitu :

  1. Sauna Konvensional yaitu sauna dengan metode penghangatan udara dalam raungan, sehingga dengan hangatnya ruangan air keringat bisa keluar dari tubuh.
  2. Sauna Inframerah yaitu sauna dengan metode penghangatannya menggunakan bantuan alat.

 

Perlu anda tahu juga walaupun terapi sauna dipercaya mampu memberikan efek baik bagi kesehatan, tetapi terapi sauna juga memiliki efek samping yang kurang baik bagi kesehatan pria. Sebenarnya tidak hanya bagi pria tetapi juga bagi wanita memiliki efek samping yang kurang baik.

  1. Mengganggu sistem reproduksi pria

Untuk pria mandi sauna sebenarnya memiliki dampak yang tidak baik bagi sistem reproduksi, karena suhu ruangan dalam ruang sauna panas sehingga bisa berdampak pada berkurangnya jumlah produksi sp*rma. Gangguan ini dapat menyebabkan pria tidak produktif dalam  jangka waktu yang cukup lama.

  1. Memicu Bulimia

Gangguan yang terjadi apabila sering melakukan sauna yaitu dapat menyebabkan gangguan pola makan. Saat melakukan sauna air dalam tubuh akan keluar melalui keringat sehingga dipercaya dapat menurunkan berat badan, tetapi perlu diketahui berkurangnya cairan bisa berdampak buruk bagi tubuh, sehingga harus diimbangi dengan asupan cairan lainnya. Penyalahgunaan sauna dengan ditambah konsumsi obat pencahar sangat tidak disarankan, karena bisa membuat terjadinya dehidrasi yang dapat berbahaya bagi penderitanya.

  1. Menyebabkan Kelelahan

Mandi sauna secara berlebihan dan tidak memberikan jeda yang cukup dapat memicu terjadinya kelelahan, menimbulkan efek panas pada tubuh sehingga mengurangi kemampuan kulit untuk mendinginkan tubuh. Hal tersebut dapat menimbulkan penurunan tekanan darah, dehidrasi berat erta kelelahan yang akhirnya akan memicu lemahnya asupan oksigen dalam tubuh.

  1. Memicu Stroke Panas

Gejala yang terjadi apabila terserang stroke panas adalah pusing dan mual, karena terlalu lama menghabiskan waktu ditempat sauna atau mandi sauna dengan suhu yang terlalu tinggi. Apabila terjadi kondisi tersebut sebaiknya segera keluar dari tempat sauna dan jaga kondisi tubuh agar menjadi dingin serta normal kembali.

  1. Peningkatan Suhu Tubuh yang Ekstrim

Tubuh manusia memiliki sistem untuk mengatur suhu tubuh, dapat mendinginkan tubuh pada tingkat yang tidak membahayakan. Pada saat mandi sauna suhu ruangan sauna menjadi panas dan suhu panas tubuh akan meningkat, sehingga sistem pendingin tubuh kita akan mengalami kelebihan beban. Sehingga disarankan apabila melakukan mandi sauna lakukan dengan kondisi panas yang sewajarnya dan tidak terlalu lama dalam melakukan mandi sauna.

Dari penjelasan diatas tadi perlu kita ketahui bahwa mandi sauna dipercaya berdampak baik bagi tubuh, dapat menyegarkan badan. Tetapi perlu diketahui juga bahwa mandi sauna memiliki efek samping bagi para penggemar mandi sauna sehingga kita harus lebih bijak dalam melakukannya, sebaiknya jangan mandi terlalu lama, jangan menggunakan suhu ruangan sauna terlalu panas dan jangan terlalu sering. Lakukanlah mandi sauna dengan intensitas yang dalam tahap kewajaran demi untuk kesehatan kita juga.

sumber gambar : shutterstock.com

Leave a Comment