Dapur Menjadi Cantik Dengan Desain Kitchen Set Minimalis

Dapur Menjadi Cantik Dengan Desain Kitchen Set Minimalis – Bagi anda yang memiliki rumah dengan ukuran tidak begitu besar, mungkin anda akan merasa bingung menata rumah anda karena kurangnya ruang dalam meletakan barang-barang yang anda miliki. Dengan kondisi rumah yang tidak begitu besar butuh pemikiran yang matang juga dalam menata desain interior rumah. Butuh ekstra dalam memutar otak supaya interior rumah menjadi indah dan tidak kelihatan sempit.

Terdapat ruang-ruang yang perlu anda pikirkan supaya menjadi kelihatan indah dan menarik, seperti bagaimana mendesain interior ruang tamu, mendesain interior kamar tidur, interior ruang keluarga dan juga mendesain interior dapur.

Desain interior di dalam rumah yang perlu anda pikirkan lebih ekstra adalah pada ruang bagian dapur, kenapa ruang dapur karena dapur merupakan ruang yang kalau tidak dipelihara dan tidak dibersihkan akan menjadi ruang yang kotor, bau, banyak minyak berceceran atau bahkan dapur menjadi sarang tikus karena bekas-bekas kena masakan yang tidak langsung dibersihkan.

Apabila anda memiliki ruang dapur yang cantik dan indah, walaupun dapurnya ruangnya kecil anda akan lebih rajin dalam merawat dan membersihkan dapur. Salah satu cara untuk mempercantik dapur yaitu dengan mendesain dapur dengan kitchen set yang minimalis ataukah desain kitchen set yang sederhana, karena dengan memperhitungkan space ruang dapur yang tidak begitu besar.

Kitchen Set Minimalis Untuk Mempercantik Dapur

Kitchen set merupakan salah satu cara anda dalam mempercantik dapur minimalis anda, dengan kitchen set barang-barang perlengkapan dapur anda akan tersimpan dan tertata dengan baik dalam rak dan kabinet. Pemilihan desain kitchen set yang tepat akan mempercantik ruang dapur anda dan membuat acara memasak anda menjadi lebih menyenangkan, begitu juga biaya yang anda keluarkan sesuai dengan harapan tidak melebihi budget.

Butuh persiapan ketika anda akan mempercantik dapur minimalis anda, seperti anda harus memilih desain kitchen set yang sesuai dengan ruang dapur anda, memperhitungkan biaya yang dibutuhkan dalam membuat kitchen setnya, waktu, tenaga dan lain sebagainya.

Secara umum bahwa bentuk ruang dapur itu memiliki tiga model yaitu:

  • Dapur dengan model I atau sebaris, maksudnya adalah dapur yang biasanya penempatannya menempel pada dinding rumah, tidak berada disudut dari dinding rumah dan juga biasanya tidak membutuhkan space yang besar. Aplikasi model dapur ini biasanya lebih sering digunakan oleh keluarga-keluarga yang baru menikah atau bisa dikatakan sebagai keluarga kecil yang masih mempunyai 1 atau 2 anak kecil. Dalam aplikasinya keluarga kecil tidak memerlukan area yang luas dalam menyiapkan dan menyajikan hidangan makanan.

 

  • Dapur dengan model L atau dapur yang berada di pojok dindin ruang. Dapur dengan model ini biasanya memiliki ruang dapur yang lumayan besar, jadi barang=barang perlengkapan dapur juga bisa tertata banyak dan juga dalam menyiapkan ataukah menyajikan makanan menjadi lebih agak leluasa. Aplikasi model dapur model L ini lebih sering diaplikasikan oleh keluarga yang memiliki rumah dengan space ruang yang lumayan besar, dan juga jumlah anggota keluarga pada rumah tersebut plaing tidak sudah beranggotakan 3 sampai 4 orang dewasa atau 1 anak yang sudah beranjak dewasa.

 

  • Dapur dengan model U atau dapur yang berada pada ruang besar. Model dapur seperti ini mempunyai space yang leluasa pada ruang dapurnya, model ruang dapur seperti ini ditujukan untuk penyimpanan barang-barang perlengkapan dapur yang banyak dan juga ditujukan untuk menyiapkan dan menyajikan makana dalam jumlah yang banyak. Aplikasi model dapur ini lebih banyak diaplikasikan pada rumah-rumah besar, bisa jadi juga memiliki jumlah anggota keluarga yang besar atau memang pemilik rumah tersebut merupakan orang yang hobi memasak sehingga membutuhkan space ruang dapur yang lebih leluasa.

 

Perencanaan Desain Kitchen Set Sesuaikan Kebutuhan

Dari beberapa model bentuk dapur tersebut anda dapat mempertimbangkan kira-kira kebutuhan desain kitchen set anda yang seperti apa, apakah kitchen set yang diaplikasikan pada dapur model I, diaplikasikan ruang dapur model L atau bahkan aplikasi ruang dapur model U.

Anda tinggal mengkondisikan dengan bentuk ruang dapur anda. Sebagai contoh apabila rumah anda kecil dan tidak memiliki banyak space ruang dalam rumah, maka sebaiknya anda mengaplikasikan ruang dapur dengan model I atau sejajar dan gunakan kitchen set hanya satu baris saja, penempatan di bawah dan bisa juga penempatan di atas.

Tipe-tipe rumah yang kecil saya sarankan gunakan interior-interior di dalam rumah yang minimalis dan sederhana, supaya rumah bisa kelihatan menjadi lebih luas dan bagus. Untuk aplikasi desain kitchen set sebaiknya gunakan kitchen set yang minimalis dan sederhana.

Lihat Juga: Pembuatan Kitchen Set Sesuai Permintaan

Mengingat juga bisa menekan budget yang harus dikeluarkan dalam membuat kitchen setnya. Selain itu juga dalam memilih kitchen set perlu diperhatikan warna ruang rumah anda dan penempatan barang-barang anda, seperti lemari es, magic com  dan barang yang lainnya.

Contoh-Contoh Desain Kitchen Set Minimalis

Beberapa contoh desain-desain kitchen set yang bisa saya bagikan kepada anda sebagai bahan pertimbangan apabila anda ingin membuat kitchen set pada dapur anda.

desain kitchen set model L
Desain Kitchen Set Model L
desain kitchen set model I segaris
Desain Kitchen Set Model I Sebaris
desain kitchen set model I segaris
Desain Kitchen Set Model I Sebaris
desain kitchen set model U
Desain Kitchen Set Model U (Kiri)
desain kitchen set model U
Desain Kitchen Set Model U (Kanan)

Dari beberapa gambar yang sudah saya berikan semoga bisa menjadi referensi anda dalam menentukan desain yang seperti apa yang cocok diaplikasikan pada ruang dapur anda. Seperti yang sudah saya ulas tadi bahwa banyak yang harus dipersiapkan apabila anda menerapkan kitchen set pada dapur anda, sesuaikan dengan kebutuhan, pilih desain yang minimalis dan sederhana supaya tidak terlalu banyak makan tempat.

Pemilihan desain kitchen set yang tepat membuat dapur tidak kelihatan sempit dan tentunya akan membuat dapur menjadi lebih nyaman sehingga memasakpun menjadi senang.

Semoga artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat bagi para pembaca dan bisa dijadikan referensi anda jika ingin mempercantik dapur anda.

Menurut saya ada 2 interior ruang yang perlu kita desain secara maksimal sehingga menghasilkan interior yang indah dan cantik yaitu, interior ruang tamu dan interior ruang dapur.

Kenapa interior ruang tamu penting untuk dipercantik karena ruang tamu merupakan ruang yang sering dilihat oleh orang lain, bagaimana coba kalau ruang tamu kita kotor, barang-barang berserakan dan intinya tidak nyaman untuk dilihat. Coba bayangkan apa yang dipikirkan nantinya oleh tamu kita.

Dan juga interior ruang dapur juga penting untuk dipercantik karena dapur merupakan ruang kegiatan untuk memasak, apabila tidak pernah dirawat ataukah tidak pernah dibersihkan ya akhirnya menjadi kotor, bau, tidak enak dipandang bahkan bisa menjadi sarang tikus.

Mungkin sampai sini dulu yang bisa saya bagikan kepada anda, artikel ini saya tulis dari pengalaman pribadi, informasi lain dari internet dan orang yang mengerti tentang desain interior. Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi website saya, jika berkenan anda bisa share artikel ini ke teman anda atau social media yang anda miliki. Jika ingin konsultasi dan ingin memesan kitchen silahkan lihat pembuatan kitchen set.

Artikel Lain

Leave a Comment