Desa Wisata Tembi Belajar Kebudayaan Jawa

desa wisata tembiDesa wisata Tembi menawarkan panorama yang sangat eksotis bagi Anda para orang tua untuk mengajarkan kebudayaan Jawa terhadap anak-anak Anda. Tembi rumah budaya yang dibangun didaerah pedesaan bernama tembi, anda bisa merefresh otak sekaligus mendekatkan diri kepada sang pencipta alam semesta, karena di sana sangatlah elok alam panorama ciptaan Tuhan.

Dengan hanya jarak tempuh sekitar 15 menit dari Malioboro dan pusat dari kota Yogyakarta, sebenarnya lokasi Dusun Tembi tidak sulit untuk dicapai. Dan juga dikarenakan akses jalan Parangtritis yang cukup mudah untuk dilalui. Anda hanya perlu mencari plang bertuliskan “TEMBI” apabila akan melintas pada kilometer 8.5.

Di Desa Tembi tersebut juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas dan pelayanan seperti penginapan, are yang lumayan luas sehingga Anda bisa bermain sekaligus berwisata. Anda juga  bisa sekaligus belajar bersosialisasi bersama warga Tembi yang siap menerima Anda dengan ramah. Sehingga Anda tidak akan rugi jika mencoba untuk berwisata di desa wisata Tembi.

Di desa Tembi juga terdapat Rumah Budaya Tembi yang menempati lahan seluas 3000 meter persegi dan disanan juga memiliki beberapa ruangangan terdapat Pendopo, tempat Galeri dan disana juga ada perpustakaan. Di sana Anda juga bisa melihat pembuatan aneka kerajinan khas Yogjakarta. Contohnya seperti keranjang anyaman dan dompet. Ditempat ini juga disediakan tempat untuk belajar membatik. Sehingga Anda bisa berwisata sambil belajar kebudayaan juga.

Keberadaan Tembi sebagai sebuah desa wisata pada awalnya adalah sebuah gagasan dari kementerian kebudayaan Indonesia yang melihat potensi yang dimiliki Tembi sebagai sebuah desa kerajinan dan desa homestay. Tembi mempunyai rumah homestay yang siap huni dan tentunya menyajikan panorama keindahan adat jawa. Dalam rumah-rumah tersebut pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas standar kamar khas pedesaan, yang mempunyai daya tarik yang lain daripada rumah homestay lainnya. Dengan begitu, wisatawan dapat mengalami pengalaman wisata yang berbeda yaitu wisata pedesaan.

Ahir kata, datang dan nikmatilah panorama keindaha desa wisata Tembi ketika Anda datang ke yogyakarta. Disana anda bisa liburan sambil menambah pengetahuan Anda tentang aneka ragam dari kebudayaan jawa tempo dulu.

Artikel Lain

Leave a Comment