Cara Mudah Membuat Stored Procedure di SQL Server

Artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mudah membuat stored procedure pada SQL Server Secara definisi bahwa stored procedure termasuk dalam kategori stored routine, selain procedure ada function dalam kelompok kategori stored routine. Stored routine merupakan sekumpulan statement SQL yang dapat disimpan dalam server. Manfaat kita menggunakan stored routine adalah :

  • Ketika beberapa aplikasi client ditulis menggunakan bahasa yang berbeda-beda atau bekerja pada platform yang berbeda, namun memerlukan operasi database yang sama.
  • Ketika keamanan diutamakan. Function dan stored procedure dapat digunakan untuk operasioperasi database yang umum digunakan. Routine dapat memastikan setiap operasi dicatat lognya. Aplikasi dan user dapat diatur tidak memiliki akses langsung ke database, tapi hanya dapat mengakses routine tertentu.

Berikut saya akan jelaskan cara membuat stored procedure pada sql server 2008 :

  1. Buat database terlebih dahulu, dan buat tabel didalam database tersebut. Contoh saya menggunakan tb_barang seperti gambar berikut ini.tabel barang
  2. Setelah kita memiliki tabel barang, kita akan membuat stored procedure insert untuk memasukan data kedalam tabel barang tersebut, perintah stored procedurenya sebagai berikut :


create procedure insertbrg @kd char(10),
@nm varchar(50),@sat char(10),@hrg_beli money,
@hrg_jual money,@jml int
as
insert into tb_barang(kd_barang,nama_barang,
satuan,harga_beli,harga_jual,jumlah)
values(@kd,@nm,@sat,@hrg_beli,@hrg_jual,@jml)

  1. Kemudian di execute dengan tombol execute.
  2. Setelah jadi cek stored procedure apakah sudah terbuat, kemudian untuk mengisi data kedalam table barang dengan stored procedure tuliskan perintah query berikut :

exec insertbrg 'B01','Sabun','Pcs',2000,2500,10;

  1. Coba lihat data pada table barang apakah stored procedurenya sudah berhasil atau belum, apabila data tersebut sudah masuk berarti stored procedure yang kita buat berhasil.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video tutorial cara membuat stored procedure di SQL Server 2008 yang sudah saya buat berikut ini.

Artikel Lain

Leave a Comment