Cara Mudah Dalam Menjaga Kesehatan Mata

cara mudah menjaga kesehatan mataMata merupakan salah satu organ vital manusia yang sangat penting, oleh karena itu menjaga kesehatan mata menjadi keharusan bagi setiap manusia. Berbagai cara dilakukan oleh manusia agar matanya tetap sehat dan bisa berfungsi dengan normal.

Di era yang serba digital seperti saat ini, Ancaman radiasi dari elektronik tersebut sangat besar efeknya dalam mengganggu kesehatan mata Anda. Banyak sekali dari Anda menghabiskan sebagian besar waktunya di depan alat-alat. Gaya hidup yang seperti itu dapat menyebabkan kepala menjadi pening, pandangan tidak jelas, mata menjadi kering dan bisa mengakibatkan kerabunan. Oleh sebab itu, Anda harus mencegah agar mata Anda tetap sehat karena mata adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting bagi kita. Berikut beberapa cara untuk menjaga kesehatan mata Anda.

  1. Makanlah Makanan Yang Terkandung Dengan Vitamin A

Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk mata, dikarenakan wortel banyak vitamin A nya yang sangat baik untuk kesehatan mata.

  1. Perhatikan Jarak Membaca Buku

Membaca buku hendaknya lakukan pada pada jarak yang tepat. Jarak yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm. Membaca buku terlalu dekat bisa menyebabkan mata terkena penyakit miopi.

  1. Hindari Membaca Sambil Tiduran

Sebaiknya jangan melakukan kegiatan ini walaupun sangat nyaman melakukannya sambil santai-santi. Membaca sambil tiduran bisa menyebabkan penyakit mata seperti miopi.

  1. Pencahayaan Yang Cukup

Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika sedang belajar atau membaca. karena kurangmnya penerangan dapat mempengaruhi kesehatan mata Anda.

  1. Istirahatkan Mata

Usahakan mengistirahatkan mata Anda ketika sudah terlalu lama di depan barang-barang elektronik. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.

  1. Jangan Kucek Mata

Jangan mengucek mata ketika tangan anda kotor, karena bisa menyebabkan infeksi pada mata.

  1. Berhenti Merokok

Bagi para perokok, usahakan untuk berhenti merokok. Hal ini dapat menjadi penyebab sejumlah penyakit mata seperti katarak dan kerusakan saraf optik pada mata.

Ingatlah mata merupkan organ vital dari diri Anda. Maka menjaga kesehatan mata harus selalu dilakukan, karena kita bisa melihat indahnya alam ciptaan Tuhan lantaran kita diberikan mata olehNYA.

Artikel Lain

Leave a Comment