Cara Merawat Batu Akik Supaya Mengkilap Dengan Mudah

batu akik mengkilapBerbagai tips cara merawat batu akik supaya mengkilap sering dicari-cari oleh penggemar batu akik, karena memang trend pemakaian batu akik di Indonesia sekarang lagi meledak-ledak, banyak orang yang senang mengkoleksi batu akik dengan harga yang standar sampai harga yang tinggi. kolektor batu akik pasti akan merawat batu akik yang dimiliknya agar tetap bagus dan mengkilap untuk tetap menjaga keindahannya.

Beberapa cara merawat batu akik agar tetap kelihatan mengkilap dan supaya batu akik cepat tua dengan bahan yang mudah didapat dan ada disekitar kita.

  1. Bawa Batu Akik Ke Tukang Poles

Cara yang paling mudah untuk merawat batu akik yaitu bisa dengan bantuan tukang poles batu akik, apabila anda tidak bisa merawat batu akik sebaiknya saya sarankan yang harus anda lakukan adalah bawalah batu akik tersebut ke tukang poles supaya batu akik tetap indah. Memang kita harus mengeluarkan uang sebagai jasa polesnya untuk memelihara agar tetap mengkilat. Pilihlan tukang poles yang terpercaya dan bisa merawat batu akik anda.

  1. Kain Lembut Untuk Membersihkan Batu Akik

Selalu gunakan kain yang lembut dalam membersihkan batu akik anda, dengan menggunakan kain yang halus ditujukan supaya batu akik tidak tergores karena kain yang digunakan lembut. Apabila anda memiliki cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata, bisa anda gunakan secukupnya untuk membersihkan batu akik jika terdapat debu atau kotoran yang menempel.

  1. Hindarkan Batu Akik dari Benturan

Dalam pemakaian memang tidak bisa kita indahkan apabila terjadi benturan, tetapi bisa kita minimalkan benturan dengan benda lain. Apabila akan melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dapat terjadi benturan dengan benda lain sebaiknya lepas saja batu akik, dan pada waktu tidur sebaiknya dilepas saja karena secara tidak sadar batu akik bisa terbentur dengan tembok atau benda keras yang lainnya.

  1. Lakukan Perendaman dan Penjemuran

Rendam batu akik dalam air, pastikan batu akik tenggelam dalam air, kemudian taruh batu akik tersebut yang sudah terendam di tempat yang bisa terkena sinar matahari. Lakukan cara ini cukup dengan satu sampai dua hari, pastikan juga warna air yang digunakan untuk merendam harus tetap bening jangan sampai air menjadi keruh. Apabila air keruh segera ganti dengan air yang bersih lagi.

  1. Oleskan Batu Akik dengan Minyak Zaitun

Oles atau gosok batu akik dengan kain halus yang sudah ditetesi dengan minyak zaitun dan gunakan minyak zaitun secukupnya saja, lakukan cara menggosok batu akik tersebut secara perlahan. Dengan melakukan cara ini supaya batu akik tetap mengkilat dan tetap indah dilihat.

  1. Menggosok Dengan Daun Pisang Kering

Gosoklah batu akik anda dengan cara gerakan menggosok secara searah, daun pisang kering mengandung senyawa yang dapat membuat batu akik dapat kelihatan lebih mengkilap. Cara ini merupakan cara alami dengan bahan yang mudah didapat dengan mencari daun pisang kering dikebun.

  1. Menggosok Batu Akik dengan Kulit

Dalam kandungan kulit terdapat zat yang dapat mengeluarkan minyak alami, sehingga menggosok dengan kulit batu akik akan tetap kelihatan mengkilap. Cara menggosok batu akik dengan kulit tetap gosok dengan cara gerakan gosokan satu arah. Gunakan kulit asli bukan kulit sintetis, misal pada ikat pinggang, tas, sepatu atau bahan lainnya yang berbahan dengan kulit asli.

  1. Menggunakan Kertas atau Alumunium Foil

Ada juga cara dalam mengkilapkan batu akik dengan bantuan kertas atau aluminium foil yang terdapat pada bungkus rokok, cara menggosoknya tetap harus satu arah agar pola gosokan tetap bagus.

  1. Mengkilapkan dengan Serbuk Intan

Cara yang ini juga dapat mengkilapkan batu akik, tetapi anda harus membeli dahulu bahan ini karena memang tidak bisa kita cari sembarangan harus kita beli di toko permata.

  1. Jauhkan dari Bahan untuk Parfum

Menghindarkan batu akik dari bahan-bahan kimia yang dapat merusak keindahan dari batu akik juga dapat membuat batu akik tetap mengkilat dan indah. Warna batu akik dapat kusam jika terkena bahan kimia yang terkandung pada parfum sehingga dapat menyebabkan batu akik menjadi kusam dan tidak mengkilap lagi.

  1. Simpan Batu Akik di Tempat Terbuka

Dengan cara menyimpan batu akik di tempat terbuka dapat mempercepat batu akik dalam proses pengkirstalan, tetapi sebaiknya tidak langsung terpapar sinar matahari terus menerus, kondisikan batu akik disimpan dalam tempat yang terbuka dan hangat secara alami.

Dari pembahasan tersebut terdapat berbagai cara merawat batu akik supaya tetap kelihatan mengkilap, cermati terlebih dahulu cara-cara tersebut dan bahan-bahan yang digunakan. Sesuaikan dengan batu akik yang anda miliki, karena kadang-kadang perlakukan jenis batu akik yang satu dengan batu akik yang  lain memiliki perlakuan yang berbeda. Pengrajin batu akik juga sekarang sudah banyak ditemukan jadi sebaiknya pilih pengrajin yang memang berpengalaman jangan asal ambil pengrajin yang baru berpengalaman berhubungan dengan batu akik.

Artikel Lain

Leave a Comment