Berbagai Macam Cara Memutihkan Gigi

ilustrasi memutihkan gigiMemiliki gigi yang putih merupakan dambaan bagi setiap manusia, setiap orang pasti ingin memiliki gigi yang putih, bersih, rapi, tidak bau dan lain sebagainya sehingga enak dilihat. Berikut saya akan berikan beberapa tips yang saya ambil dari referensi-referensi di artikel lain tentang cara memutihkan gigi yang saya rangkum menjadi artikel Berbagai Macam Cara Memutihkan Gigi. Banyak sekali sekarang didunia kedokteran dalam memutihkan gigi dengan cepat dengan mengeluarkan kocek yang dibilang tidak sedikit, bahkan bisa untuk membeli mobil hanya untuk memutihkan gigi kita. Saya akan berikan tips cara memutihkan gigi tetapi tidak menguras kantong, walaupun tidak cepat tetapi terbukti bisa memutihkan gigi secara alami.

  1. Menkonsumsi Buah Strawberry

Ternyata dengan mengkonsumsi buah strawberry bisa membantu dalam memutihkan gigi kita, cara agar kandungan dalam buah strawberry dapat bermanfaat dalam memutihkan gigi yaitu hancurkan buah strawberry (tidak sampai halus) kemudian gosok-gosokan pada gigi kita. Lakukan cara tersebut secara teratur dan lihat perubahan dari cara yang sudah kita lakukan.

  1. Memanfaatkan Kulit Jeruk

Kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi yaitu dengan cara digosokan pada gigi lalu diamkan sekitar 10 menit, lakukan cara ini secara terus menerus dan lihat hasilnya setelah melalui proses dengan kulit jeruk ini.

  1. Menggunakan Daun Salam

Mungkin para ibu-ibu yang sering menjumpai daun salam ini untuk bahan bumbu memasak, tetapi selain untuk bumbu memasak daun salam juga mempunyai khasiat dalam memutihkan gigi. Cara membuatnya yaitu dengan bersihkan dan keringkan dibawah terik matahari. Kemudian tumbuk hingga halus dan tambahkan air hingga membentuk seperti pasta. Oleskan hasil tumbukan daun salam ke sikat gigi lalu gosokan pada gigi anda.

  1. Siwak

Siwak sudah digunakan untuk membersihkan gigi dari jaman nabi, siwak adalah akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Cara ini sudah ada sejak zaman dulu dan terbukti nyata ampuh untuk memutihkan gigi.

  1. Arang Kayu

Menggunakan arang ini juga sudah dilakukan oleh orang-orang pada jaman dahulu, tidak hanya arang kayu, abu pun bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Tetapi harus diperhatikan keseringan menggunakan arang untuk menggosok gigi dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi.

  1. Lemon dan Garam

Cara ini juga dapat memutihkan gigi kita, caranya hanya mencampurkan lemon dengan garam, lalu gunakan air lemon itu dengan dikumur-kumur, tetapi jangan melakukan cara ini terlalu sering, karena kandungan garam yang menempel pada gigi dapat merusak lapisan gigi.

  1. Konsumsi Buah dan Sayuran

Dengan mengkonsumsi buah setelah makan dapat membantu dalam mengangkat kotoran yang menempel pada celah-celah gigi, dapat mengangkat noda gigi. Contoh buah yang dapat membantu dalam membersihkan gigi yaitu buah apel, wortel, strawberry, pir dan lainsebagainya.

  1. Buah Pinang

Memakan buah pinang merupakan cara tradisional yang sudah dilakukan oleh nenk moyang kita, di masyarakat kita pun masih sering menjumpai orang mengkonsumsi buah pinang, manfaat buah pinang dapat memutihkan dan memperkuat gigi. Berikut cara memanfaatkan buah pinang untuk memutihkan gigi, bakar biji pinang hingga hangus, kemudian haluskan hinggal lembut. Gosokan biji buah pinang dengan menggunakan sabut pinang.

  1. Baking Soda

Bahan untuk membuat kue ini juga bisa kita gunakan dalam memutihkan gigi kita, tetapi ingat bahwa baking soda memiliki kandungan yang dapat merusak email gigi seperti halnya garam, sebaiknya gunakan 1-2 bulan sekali.

  1. Permen Xyllitol

Dengan mengkonsumsi permen ini secara dikunyah untuk memperbanyak produksi air liur pada mulut sehingga dapat membantu memutihkan gigi secara alami, tetapi harus diingat bahwa permen juga ada kandungan gulanya, jadi tetap harus menyikat gigi agar gigi tidak berlubang.

  1. Menggosok Gigi Secara teratur

Cara yang terakhir ini harus kita jalani, dari tips-tips diatas kita lakukan, tetapi tidak menggosok gigi dengan teratur juga hasilnya tidak akan memuaskan. Dengan menggosok gigi secara teratur, kebersihan mulut anda akan terjaga dan resiko mengalami gigi kuning akan lebih kecil. Usakahan menggosok gigi minilam 2x sehari pagi hari dan malam hari sebelum tidur, gunakan sikat gigi yang mempunyai bulu yang halus supaya tidak melukai gusi.

Sekian tips-tips dari saya cara memutihkan gigi, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Tetap jaga kebersihan dan jaga kesehatan diri kita.

Artikel Lain

Leave a Comment