Bitcoin, Nilai Tukar Mata Uang Tertinggi di Dunia

bitcoinAda yang belum tahu apa itu bitcoin? Oke sekarang kita bahas terlebih dahulu sebenarnya apa itu bitcoin. Bitcoin banyak diperbincangkan oleh para pengguna internet, lebih khususnya para netizen yang senang mencari pendapatan dari dunia maya. Pada tahun 2009 diperkenalkan sebuah teknologi baru yaitu mata uang digital yang diberi nama bitcoin, bitcoin diperkenalkan didunia maya oleh penemunya yaitu Satoshi Nakamoto. Sampai sekarang belum diketahui siapakah satoshi nakamoto, apakah seorang manusia, kelompok manusia atau sebuah perusahaan. Teka-teki ini sampai sekarang belum terjawab. Pada 12 Desember 2010 sang penemu bitcoin memilih untuk meninggalkan bitcoin dengan tidak tampil dalam forum di dunia maya, entah apa yang terjadi dengan penemu bitcoin apakah memang sengaja tidak menampilkan diri ke dunia publik saat itu dan menghilang.

Bitcoin sebenarnya merupakan file seperti halnya file-file yang disimpan di computer, file bitcoin tersebut pada awal kemunculannya memilki 31.000 baris kode pemrograman. Bitcoin tidak berbentuk koin, kertas, perak ataukah emas, bitcoin  hanyalah sebuah file yang kita sebut sebagai uang digital / elektronik dan tidak bisa kita pegang secara nyata. Pada awalnya bitcoin populer dikalangan kriptografer yaitu orang yang berkecimpung di dunia kriptografi, sehingga kriptografi merupakan pondasi tempat bitcoin berada.

Seiring berjalannya waktu bitcoin dicari-cari sehingga menarik berbagai kalangan, dahulu pada awal kemunculannya bitcoin hanya bernilai kurang dari 1 US dollar, tetapi sekarang bitcoin mempunyai nilai mata uang yang tinggi, oleh karena itu bitcoin semakin lama semakin dicari. Bitcoin merupakan mata uang yang tidak terikat dengan negara manapun karena memang persebaran bitcoin tidak dikendalikan oleh bank apapun. Oleh sebab itulah bitcoin dibeberapa Negara tidak diakui karena tidak aman dan tidak sah untuk transaksi jual beli, di Indonesia pun BI juga menegaskan bahwa bitcoin adalah mata uang yang tidak sah untuk transaksi di Indonesia. Banyak terjadi kasus bahwa bitcoin digunakan untuk transaksi narkoba, perjudian, prostitusi, pencucian uang dan lain sebagainya karena sifatnya yang tidak terikat oleh bank manapun sehingga persebarannya tidak bisa dikontrol.

Kelebihan dari bitcoin ini dibandingkan dengan mata uang konvensional adalah dalam melakukan transaksi kita tidak perlu susah payah memakai bank atau lembaga pengiriman uang, karena hanya dengan menggunakan internet kita bisa mengirim bitcoin kemana saja serta transaksi bitcoin bisa dilakukan tanpa syarat. Kelebihan lainnya juga bahwa dengan menggunakan bitcoin kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi melalui website blockchain. Blockchain adalah website yang menyediakan layanan seperti halnya dompet di dunia nyata, jadi dompet (wallet) yang digunakan untuk menyimpan bitcoin. Dalam melakukan transaksi menggunakan bitcoin kita harus melalui dompet / wallet terlebih dahulu, setiap dompet memiliki alamat dan jika mengirim bitcoin kita juga harus tahu alamat wallet yang akan dikirimi bitcoin.

Bitcoin bisa kita tukarkan dengan mata uang tunai, di Indonesia sendiri sudah bisa menukarkan mata uang bitcoin dengan mata uang rupiah melalui website resmi PT Bitcoin Indonesia yaitu bitcoin.co.id, anda pun bisa melakukan trading di situs tersebut. Pada saat artikel ini ditulis nilai mata uang bitcoin jika dikonversi ke rupiah 1 bitcoin memiliki nilai tukar sebesar Rp 3.630.600,-  padahal awal kemunculan nilai tukar bitcoin kurang dari 1 us dollar. Oleh karena itu banyak yang mengatakan bahwa nilai tukar mata uang paling tinggi di dunia adalah bitcoin, bahkan dahulu bitcoin pernah mencapai nilai $1000 setiap nilai tukar 1 bitcoinnya.

nilai bitcoin

Nilai tukar mata uang bitcoin dengan mata uang konvensional nilainya sangat fluktuatif, naik turunnya nilai mata uang bitcoin dipengaruhi oleh permintaan yang berubah-ubah. Nilai bitcoin sangat tinggi disebabkan karena jumlah bitcoin yang memang terbatas dan permintaan atas mata uang bitcoin sekarang semakin banyak sehingga nilai tukarnya pun sampai sekarang masih tetap tinggi.

Ada beberapa cara kita mendapatkan mata uang bitcoin ini, seperti artikel yang sudah saya tulis bahwa dalam mendapatkan bitcoin bisa mendapatkan dengan cara gratis atau istilahnya Bitcoin Faucet. Mendapatkan bitcoin dengan membeli bitcoin dan kita bisa melakukan trading di market place nya bitcoin, kalau di Indonesia sudah terdapat market place yang di sediakan oleh PT Bitcoin Indonesia, dan yang ketiga kita bisa mendapatkan bitcoin dengan cara menambang bitcoin itu sendiri atau istilah penyuka bitcoin disebut dengan bitcoin miner. Cara melakukan penambangan bitcoin bisa dengan memakai hardware yang kita nyalakan untuk selalu menambang bitcoin atau kita bisa menyewa secara online di cloud mining.

Tetapi perlu kita tahu juga bahwa mata uang bitcoin ini adalah mata uang yang terdesentralisasi, bitcoin tidak terikat oleh bank manapun bahkan pencetaknya bitcoin sekarang identittasnya tidak jelas. Keberlangsungan bitcoin pun kalau kita amati memang tidak bisa diprediksi sehingga memang resiko dalam berinventasi ke bitcoin jauh lebih berbahaya karena supply bitcoin tidak dilakukan oleh Negara atau bank manapun, melainkan di supply oleh orang-orang yang tidak kita kenal dan tidak tahu keberadaannya mereka. Bisa jadi sekarang bitcoin nilai tukarnya tinggi mungkin beberapa hari kedepan nilai tukarnya bahkan bisa turun drastis. Selama bitcoin masih dibutuhkan maka nilainya masih akan tetap tinggi, tetapi kalau pada suatu hari nanti bitcoin sudah tidak dibutuhkan lagi maka nilainya juga akan menjadi rendah atau bahkan tidak punya nilai sama sekali.

Sekarang terserah anda apakah berminat untuk berinvestasi bitcoin dengan menanggung resiko yang ada atau hanya menjadi penonton. Kalau mau berinvestasi sebaiknya anda lakukan sekarang saja mumpung nilai tukar bitcoin masih tinggi dan apabila sudah kembali modal dan untung, sebaiknya sisihkan sebagian untuk investasi yang lebih jelas dan aman karena memang kelangsungan hidup bitcoin masih menjadi teka-teki sampai sekarang apakah tetap bisa terus digunakan atau tidak, hanya waktulah yang bisa menjawab pertanyaan tersebut.

sumber gambar : usatoday.com

Artikel Lain

Leave a Comment