Berbagai Manfaat Jamu Tetes Soman

manfaat jamu tetes somanMendengar istilah ini bagi para pembaca mungkin masih asing ditelinga anda, begitu pula dengan saya. Awal mendengar istilah bahan ini dari nonton salah satu stasiun televisi swasta yang membahas acara tentang jamu tetes soman. Apa itu sebenarnya soman itu, seperti dilansir dari laman www.somanindonesia.co.id bahwa SOMAN merupakan singkatan dari SOZO FORMULA MANGGATA 1 yaitu jamu, tetapi tidak seperti jamu seperti biasanya bahwa soman merupakan jamu tetes yang mengandung didalamnya terdapat 39 ekstrak bahan alami yang berkhasiat bagi tubuh. Kandungan yang terdapat pada soman seperti umbi manggata, sayuran, buah-buahan dan rempat-rempah pilihan.

Proses pengolahan bahan-bahan yang berkhasiat ini untuk dijadikan jamu tetes melalui proses selama kurang lebih 9-12 bulan. Jamu tetes ini bermanfaat untuk membantu memelihara daya tahan tubuh dan juga dapat dijadikan sebagai suplemen dalam mempercepat proses penyembuhan. Kandungan yang terdapat pada soman yaitu seperti enzim, asam amino, omega (3, 6, 9), DHA, vitamin (A,C,E,K), mineral, dan probiotik alami.

Berbagai manfaat yang terkandung pada setiap tetes SOMAN terdapat 39 macam bahan alami, beberapa bahan alami tersebut yaitu :

  1. Manggis (Garcinia Mangosta)

Manggis merupakan buah yang mengandung antioksidan yaitu senyawa flavonoid xamthone, bermanfaat sebagai anti bakteri, anti jamur, anti inflamasi. Manfaat lain xamthone juga sebagai antipoliferasi yang berguna untuk menghambat sel kanker.

  1. Mengkudu (Morinda Citrifolia Fructus)

Mengkudu mengandung antioksidan alami yang membantu tubuh memproduksi energy dalam sel yaitu koenzim q10, juga terdapat kandungan fitonutrein yang berfungsi sebagai anti inflamasi, anti virus, anti bakteri, dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh, dan juga memiliki sifat untuk memperbaiki sel tubuh. Kandungan dalam mengkudu juga terdapat vitamin A, C, E dan asam amino yang penting dalam masa pertumbuhan dan juga untuk menangkal radikal bebas.

  1. Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi Fructus)

Dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat berguna membantu mengerutkan dan menyamarkan jerawat.

  1. Belimbing Bintang (Averrhoa Carambola Fructus)

Belimbing memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dapat berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga sebagai anti hipertensi.

  1. Wortel (Daucus Carotta Tuber)

Terdapat kandungan vitamin A dan bermanfaat untuk kesehatan mata, dapat membantu menurunkan kolesterol dalam datah dan menghambat lemak.

  1. Pepaya (Carica Papaya Fructus)

Papaya mengandung vitamin A dan kandungan serat dalam papaya dapat mengikat racun dan dikeluarkan dari usus besar, sehingga dapat mencegah kanker usus besar.

  1. Pisang Goroho (Musa Acuminafe Fructus)

Mengandung karbohidrat komplek yang berupa serat dan air berguna untuk pencernaan, terdapat senyawa bioaktif seperti vitamin C dan alkaloid.

  1. Pare (Momordica Charantia Fructus)

Manfaat pare baik untuk penderita asma, pare juga mempunyai kemampuan untuk menangkal sel kanker.

  1. Terong Ungu (Solanum Melongena Fructus)

Beberapa manfaat yang terdapat pada terong yaitu dapat memperkuat persendian sendi dan tulang, menurunkan tekanan  darah tinggi, mempercepat proses pembekuan darah pada luka dan juga dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya anemia.

  1. Seledri (Apium Graveolens Herba)

Seledri memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kelenturan otot dan dapat memperlambat proses penuaan dini.

  1. Buah Merah (Pandanus Conoideus Fructus)

Dapat mengencerkan darah dan melancarkan sirkulasi darah, untuk mencegah pembiakan sel-sel kanker dan berkhasiat memperbaiki kerja pankreas.

  1. Kentang (Soalnum Tuberosum Tuber)

Mengkonsumsi kentang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker, kentang mengandung zat besi, membantu kesehatan otak dan dapat juga membantu dalam proses transmisi yang dilakukan dalam saraf.

  1. Jeruk Bali (Citrus Maxima Fructus)

Kandungan dalam jeruk bali dipercaya dapat menurunkan kolesterol, dapat menyerap lemak dan juga mengandung zat aktif yang dapat membersihkan sel darah merah yang telah tua dalam tubuh.

  1. Buah Maja (Eagle Marmelos Fructus)

Buah maja mengandung bahan alami yang berkhasiat untuk penurun panas, mengobati diare dan juga bersifat anti bakteri.

  1. Tomat (Solanum Lycopersicum)

Kandungan dalam tomat dapat mencegah kanker prostat, kanker lambung, kanker usus besar, melindungi tubuh dari radikal bebas, menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kolesterol dan juga baik untuk kesehatan jantung.

  1. Apel Malang (Pyrus Malus Fructus)

Mengandung zat besi, kalsium, serat tinggi, dan vitamin C.

  1. Nanas (Ananas Camosus Fructus)

Nanas mengandung vitamin A dan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan juga dapat bermanfaat membantu proses pencernaan dalam usus atau lambung karena mengandung enzim bromealin.

  1. Jeruk Cina (Citrus Ichangensis Swingle Fructus)

Kandungan limonene mempunyai manfaat untuk perluruh dahak sehingga baik sebagai obat batuk.

  1. Alpukat (Persea Americana Fructus)

Kandungan yang terdapat pada alpukat cukup banyak dan baik bagi tubuh, karena alpukat mengandung mineral, protein, vitamin B2, vitamin B3, kalium, dan vitamin C. alpukat juga mengandung omega 3 dan 9 yang dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol, memiliki kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk jantung.

  1. Mangga (Mangifera Indica Fructus)

Mengandung banyak antioksidan yang dapat mencegah kanker, membantu menurunkan kolesterol dalam darah.

  1. Kemangi (Ochimum Sanctum Folium)

Selain daun katuk kemangi juga bermanfaat untuk melancarkan ASI dan dapat membantu membunuh jamur penyebab keputihan.

  1. Ketela Ungu (Ipomea Batatas Tuber)

Kandungan serat dalam ketela ungu dapat mencegah sembelit dan asam lambung, dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan pada lambung.

  1. Buah Naga (Hylocereus costaricencis Fructus)

Buah Naga berkhasiat untuk menurunkan kolesterol, melancarkan peredaran darah dan juga berguna untuk detoksifikasi.

  1. Sayur Bayam (Amaranthus Tricolor Folium)

Memiliki kandungan untuk anti kanker, mengandung vitamin K dan mineral, mengandung zat besi yang tinggi.

  1. Buah Kiwi (Actinidia Deliciosa Fructus)

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah kiwi memiliki kandunga yang lebih tinggi daripada buah jeruk sehingga buha kiwi bisa juga dijadikan sebagai penangkal radikal bebas dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Anggur (Vitis Vinivera Fructus)

Dapat mengatasi insomnia, mengendalikan tekanan darah, menghambat penyerapan kolesterol dalam darah dan kandungan seratnya mampu membersihkan pembuluh darah dari lemak.

  1. Sawi Putih (Brassica Chinensis)

Mengandung asam folat yang tinggi sehingga baik untuk ibu yang sedang hamil, asam folat juga membantu meningkatkan produksi hemoglobin.

  1. Sirsak (Annona Muricata Fructus)

Mengandung fosfor dan kalsium yang penting untuk pembentukan massa tulang, menghambat osteoporosis, dan juga mengandung vitamin C.

  1. Umbi Manggata (Ciperus Rotundus Rhizoma)

Kandungan yang terdapat pada ubi manggata yaitu untuk meregenerasi sel, melindungi struktur sel, mengandung antibotik alami dan melancarkan sirkulasi darah.

  1. Bawang Putih (Alium Sativum Bulbus)

Berkhasiat mencegah kanker, antibiotik alami, mengandung senyawa alil yang dapat mengaktifkan pertumbuhan sel baru dan mengandung zat alisin yang dapat untuk menghancurkan pembekuan darah dalam arteri.

  1. Pasak Bumi (Eurycomae Lingifolia Radix)

Mengandung ekstrak ethanolic yang dapat menambah jumlah hormone testosterone pada pria dan juga berkhasiat untuk menambah vitalitas pria karena mengandung strichnin dan bursin.

  1. Kayu Manis (Cinnamomi Burmami Cortex)

Kayu manis mengandung zat kimia alami yaitu cinnamaldehyde yang berkhasiat untuk menjaga keseimbangan hormon wanita dan juga berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada waktu haid.

  1. Rosella (Hibiscus Sabdariffa Flos)

Kandungan pada bunga rosella memiliki kandungan vitamin C, vitamin A dan beberapa jenis asam amino yang sangat diperlukan oleh tubuh.

  1. Jinten Hitam (Nigella Sativa Semen)

Mengandung omega 6 dan juga omega 3 yang baik untuk meningkatkan daya ingat, kecerdasan, memperbaiki peredaran darah ke otak dan relativitas sel otak supaya tidak cepat pikun.

  1. Kedelai (Glycine Max Semen)

Kedelai mengandung senyawa isoflavon yang dapat memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel, kedelai juga mengandung protein yang membantu mengurangi kolesterol, penurunan pembekuan darah dan membantu dalam penyerapan kalsium yang lebih baik dalam tulang.

  1. Temu Putih (Curcuma Zedoaria Rhizoma)

Memiliki khasiat anti bakteri dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

  1. Ketepeng Cina (Cassia Alata Folium)

Memiliki khasiat yang dapat memperlancar buang air besar, membunuh parasit dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Air Kelapa (Aqua Cocos)

Air kelapa memiliki manfaat menggantikan mineral dan cairan dalam tubuh, air kelapa juga dapat membantu proses pencernaan.

  1. Kacang Merah (Phaseolus Vulgaris)

Kacang merah memiliki kandungan gizi yang banyak yaitu serat, karbohidrat, omega 3, omega 6, asam folat, vitamin A, vitamin B, protein, kalsium, vitamin K.

Dari penjelasan diatas tersebut merupakan bahan-bahan alami yang terkandung dalam SOMAN, ke 39 bahan alami tersebut merupakan manfaat dan khasiat dari SOMAN yang diekstrak dan dikemas dalam jamu dengan melalui proses pembuatan yang modern.

Leave a Comment