Berbagai Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

daun kelorBerbagai Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan – Walaupun daunnya yang kecil dan mungil tetapi daun ini memiliki manfaat dan khasiat yang tidak bisa kita abaikan, daun kelor memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan. Manfaat daun kelor juga bagus untuk anak-anak karena daun kelor mengandung beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh.

Nutrisi yang terkandung pada daun kelor yaitu daun kelor mengandung potasium, kalsium, mengandung vitamin C, vitamin A dan juga mengandung protein. Sehingga tanaman ini dinobatkan sebagai miracle tree oleh WHO. Daun kelor dianggap sebagai tanaman ajaib karena dapat digunakan sebagai obat herbal yang baik bagi tubuh.

Beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan, manfaat daun kelor dipercaya memiliki manfaat mengobati penyakit dalam maupun penyakit luar.

  • Dapat mengatasi penyakit diabetes

Dengan memakan sayur daun kelor dapat mencegah penyakit diabetes atau gula darah, karena daun kelor dijadikan sebagai insulin alami untuk mengatasi penyakit diabetes, dapat mengurangi kadar gula didalam darah.

  • Dapat mencegah kanker

Daun kelor mengandung potasium yang banyak dan juga mengandung kaya antioksidan sehingga daun kelor dipercaya dapat mencegah kanker, bahkan dapat menghentikan dan menghilangkan pertumbuhan kanker yang ada dalam tubuh.

  • Dapat menyehatkan kulit

Khasiat lain dan kelor adalah dapat menyehatkan kulit, karena kandungan vitamin c dan antioksidan yang ada didalam daun kelor sangat tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan kulit. Cara menggunakan daun kelor untuk masker wajah yaitu dengan cara menumbuk halus daun kelor kemudian gunakan seperti menggunakan masker seperti halnya penggunakan bahan masker alami lainnya.

  • Dapat menyehatkan mata

Kandungan vitamin yang ada di dalam dun kelor tidak hanya vitamin c tetapi daun kelor juga banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata kita. Daun kelor juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata seperti mata merah atau belekan, caranya dengan merebus daun kelor dan diambil air rebusan tersebut kemudian basuhkan pada mata kita yang sedang sakit.

  • Dapat mengobati rematik

Selain beberapa manfaat diatas ternyata daun kelor juga memiliki khasiat untuk mengobati sakit rematik, seperti rasa sakit pada persendian dapat dikurangi dengan mengkonsumsi daun kelor, mengurangi penumpukan asam urat yang terdapat pada persendian.

  • Dapat sebagai pelancar ASI

Daun kelor yang dikonsumsi dengan cara dibuat sayur dapat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui, jadi apabila bagi ibu menyusui yang kekurangan ASI selain menggunakan daun katuk untuk pelancar ASI bisa juga menggunakan daun kelor yang disayur untuk pelancar ASI.

  • Dapat mengobati rabun ayam

Manfaat lain daun kelor dapat mengobati orang yang terkena penyakit rabun ayam, yaitu dengan cara ambil 3 gagang daun kelor kemudian ditumbuk halus dan diseduh dengan 1 gelas air masak, saring daun kelor yang direbus tadi dan ambil airnya kemudian tambahkan madu, minum air rebusan ini secara rutin sebelum tidur malam.

Masih banyak sekali manfaat dan khasiat dari daun kelor, karena memang tanaman kelor banyak sekali manfaatnya dari akar sampai buahnya. Sering mengkonsumsi sayur daun kelor pun dapat menyehatkan dan menjaga kekebalan tubuh karena memang nutrisi yang terkandung pada daun kelor memang sangat banyak.

Artikel Lain

Leave a Comment