Berbagai Cara Mendapatkan Bitcoin

cara mendapatkan bitcoin, trading bitcoin, menambang bitcoinBitcoin merupakan mata uang yang sekarang dicari-cari oleh banyak pemburu bitcoin, terdapat berbagai cara mendapatkan bitcoin karena memang banyak pintu yang bisa dipilih oleh pencari uang bitcoin. Sebelumnya kita akan bahas terlebih dahulu bahwa sekarang bitcoin banyak dicari oleh orang karena nilai tukarnya yang tinggi, pada saat ini nilai bitcoin apabila dikonversikan kedalam rupiah bisa mencapai 3.6 juta rupiah, nilai yang fantastis bukan?

Mata uang bitcoin digunakan untuk transaksi online karena bentuk uang bitcoin adalah berbentuk mata uang virtual, bentuk dari mata uang ini hanya berbentuk file, file tersebut merupakan file yang sudah terenkripsi dari kode-kode yang unik sehingga tidak memilki kesamaan satu sama lainnya. File bitcoin dapat di simpan dalam perangkat storage seperti hardisk atau flashdisk, software yang digunakan dalam menyimpan bitcoin diberi nama Bitcoin Digital Wallet atau bisa diibaratkan sebagai dompetnya bitcoin. Salah satu wallet yang sering digunakan oleh pengguna bitcoin adalah blockchain

Menurut sejarah bahwa uang digital bitcoin ditemukan oleh Satoshi Nakamoto, ia mengaku mengembangkan bitcoin selama 2 tahun dan pada tahun 2009 mempublikasikan di dunia internet. Tetapi ada yang mengutarakan bahwa satoshi nakamoto bukanlah nama asli dari penemu bitcoin tetapi bisa jadi sekelompok orang menamainya dengan nama tersebut.

Sekarang bitcoin banyak dicari-cari oleh orang, terus bagaimana cara kita mendapatkan bitcoin tersebut. Banyak cara bisa dilakukan dalam mendapatkan mata uang digital ini, cara-cara yang bisa dilakukan :

  1. Mendapatkan bitcoin dengan cara gratis, atau biasa kita sebut dengan Bitcoin Faucet.

Bitcoin faucet merupakan situs web penyedia bitcoin secara gratis, jadi siapa saja yang mau membuka situ web ini akan diberikan imbalan berupa bitcoin secara gratis, tetapi dengan ada syarat yang diberikan oleh situs web tersebut. Biasanya menjadi visitor, bermain game, memecahkan capcha dan lain sebagainya. Contohnya bitvisitor.com, freebitco.in dan masih banyak lainnya yang membayar. Tetapi perlu diketahui juga bahwa tidak semua faucet akan membayar, kadang-kadang ada faucet yang tergolong scam / menipu.

  1. Mendapatkan bitcoin dengan cara Trading Bitcoin.

Cara lain selain mendapatkan bitcoin secara gratis yaitu bisa ikut market place Bitcoin dengan melakukan trading / perdagangan nilai mata uang seperti halnya trading pada umumnya. Di Indonesia trading bitcoin sudah difasilitasi oleh PT. Bitcoin Indonesia bisa kita lihat pada situs tradingnya bitcoin.co.id.

Prinsip kerja trading bitcoin adalah buy low sell high;  lakukanlah pembelian ketika harganya turun dan jual lagi ketika harga naik. Dengan cara itu kita bisa mendapatkan untung, nilai pada bitcoin pun selalu fluktuatif perubahan nilainya pun tidak kecil, jadi memang apabila kita mendapat keberuntungan akan memperoleh keuntungan dengan cepat, tetapi pas tidak untuk kerugiannya pun juga tidak sedikit.

  1. Mendapatkan bitcoin dengan cara Mining Bitcoin

Mining / menambang merupakan kegiatan menggali, kalau di dunia nyata biasanya banyak melakukan penambangan emas, batu bara dan lain-lain. Dalam bitcoin ada juga istilah menambang yaitu menambang bitcoin. Sebenarnya proses yang terdapat pada bitcoin mining adalah algoritma perhitungan matematika yang berjalan pada jaringan internet. Bahwasanya bitcoin membutuhkan verifikasi untuk proses transaksi bitcoin tersebut, proses yang dibutuhkan dalam verifikasi tersebut sangatlah sulit karena bitcoin dilindungi dengan sistem keamanan yang sangat ketat sehingga dibutuhkan proses komputasi yang sangat tinggi. Relawan / miner itulah yang dapat membantu proses verifikasi transaksi bitcoin dengan memasang software bitcoin miner atau menggunakan komputer ASIC (Application Specific Integrated Circuit). Penambang pertama yang berhasil membantu memverifikasi tersebut akan mendapatkan sejumlah bitcoin. Para penambang berlomba-lomba untuk menjadi yang pertama memverifikasi transaksi bitcoin sehingga semakin lama para miner membutuhkan perangkat hardware yang memiliki kecepatan sangat tinggi untuk membantu proses verifikasi transaksi bitcoin, kalau tidak maka dia akan ketinggalan dan tidak mendapatkan bitcoin.

Cara bitcoin mining sekarang sudah memilih dengan beberapa cara pilihan menambang, bisa dilakukan dengan memasang hardware sendiri, berlangganan cloud mining dan yang terakhir bisa dilakukan dengan menyewa bitcoin miner.

Sekarang kita tunggu perkembangan selanjutnya tentang teknologi mata uang digital bitcoin ini, anda berminat untuk terjun ikut dalam transaksi bitcoin ini, pilih yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kita karena memang sekarang nilai mata uang bitcoin tidaklah sedikit.

Artikel Lain

Leave a Comment