Bagian Tubuh Bayi Yang Perlu Perawatan Khusus Setelah Lahir

Bagi orang tua yang baru pertama kali memiliki keturunan pasti mengalami kesulitan dalam merawat sikecil setelah sikecil dilahirkan, selain merawat tali pusar ada perawatan-perawatan khusus untuk bagian tubuh sikecil sebab bagian-bagian tubuh sikecil masih sangat sensitif.perawatan khusus bagi bayi,merawat bayi baru lahir, merawat bagian tubuh bayi,kesehatan Seperti dilansir dari situs health.detik.com ada 4 bagian tubuh bayi yang perlu mendapatkan perlakuan khusus dalam merawatnya.

1. Mata

Mata merupakan bagian tubuh manusia yang paling vital, dengan mata kita dapat melihat apa yang ada di sekita kita, pada bayi baru lahir kerap terjadi belekan, memang belekan pada bayi adalah hal yang wajar tetapi ibu bisa melakukan pijatan pada wajah dengan hati-hati. Patut diperhatikan juga apabila terjadi infeksi, tanda infeksi pada mata bayi seperti adanya kemerahan dan bengkak di sekitar mata. Infeksi juga bisa ditandai apabila belek pada mata berwarna kuning kental. Apabila itu sudah terjadi sebaiknya segera dibawa ke dokter.

2. Mulut

Mulut perlu juga perhatian khusus dalam merawatnya, kadang mulut bayi terdapat putih-putih itu disebabkan oleh air susu ibu (ASI). Cara membersihkan bisa menggunakan kasa yang diusapkan dengan pelan, tetapi apabila putih-putih cenderung tebal dan sulit untuk dibersihkan bisa jadi itu infeksi jamur segera bawa sikecil ke dokter.

3. Kulit

Pemakaian kosmetik pada bayi seperti bedak, sampo, dan sabun harus dipastikan agar bayi tidak alergi, sebab kulit bayi masih sensitif. Jika kulit si kecil cenderung kering, sebaiknya gunakan pelembab yang aman. Permasalahan lain pada bayi adalah tanda-tanda alergi seperti dermatitis alergi dan biang keringat. Dikatakan dr Daulika, biang keringat terjadi karena udara panas dan produksi keringat yang meningkat. Untuk mengatasinya, pada bagian yang sering berkeringat harus sering dibersihkan dengan waslap atau handuk basah.

4. Kemaluan

Cara membersihkan kemaluan pada bayi laki-laki berbeda dengan perempuan, dr Daulika menyebutkan pada laki-laki bagian kulup kemaluan harus dibuka dan dibersihkan. Sementara pada perempuan dapat dibersihkan dari bagian atas ke bawah supaya kuman atau bakteri dari anus tidak ke saluran kencing. “Yang terpenting pada perawatan bokong dan saluran kencing ialah rajin mengganti popok yang sifatnya iritatif dan mudah menyebabkan kulit kemerahan dan lecet,” kata dr Daulika.

Artikel Lain

Leave a Comment