Awas, Jangan Salah Mengambil Khasiat Kulit Manggis

khasiat kulit manggis

Awas, Jangan Salah Mengambil Khasiat Kulit Manggis – Banyaknya informasi yang masyarakat dapatkan tentang khasiat kulit manggis membuat mereka teredukasi dan akhirnya mau mengkonsumsi kulit manggis, bukan hanya buahnya saja. Hanya saja, Anda jangan sampai melakukan hal yang salah. Jangan sampai justru manfaat kulit manggis yang terkandung justru menguap hilang begitu saja.

Ada dua cara yang bisa Anda pilih agar bisa mengambil manfaat dari kulit manggis. Dua cara berikut tidak akan menghilangkan kandungan penting dalam kulit manggis.

  • Membuat Wedang Anget Kulit Manggis

Terdengar aneh memang. Tidak hanya jahe saja yang bisa dijadikan wedang anget. Kulit manggis bisa juga dijadikan wedang anget atau minuman hangat apalagi jika Anda berada di daerah dingin seperti Bandung atau dataran tinggi Dieng, Wonosobo.

Caranya mudah. Ambil saja beberapa kulit manggis yang masih berwarna ungu. Kulit manggis yang memiliki bercak hitam sebaiknya tidak diikutsertakan karena menimbulkan rasa pahit. Setelah itu, kulit manggis tersebut dijemur seharian sampai kering. Selanjutnya, kulit manggis yang sudah kering tersebut Anda rebus dan ambillah air rebusan tersebut. Hidangkan sebagai wedang anget di pagi dan sore hari.

  • Jus Kulit Manggis

Cara yang pertama tersebut sedikit lebih rumit karena Anda harus menunggu terlebih dulu sampai kering dengan cara dijemur di bawah terik matahari. Menjadikan kulit manggis sebagai jus sebagai alternatif lain.

Caranya hampir sama. Hanya saja Anda tidak perlu menjemurnya terlebih dahulu. Ambillah daging dari kulit manggis yang berwarna ungu. Tinggalkan daging yang ada bercak hitamnya. Setelah itu, taruhlah daging dari kulit manggis tersebut ke dalam blender. Setelah itu, tambahkan air sekitar 150 ml dan blender sampai daging kulit manggis tersebut hancur. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa manambahkan madu atau susu kental agar rasa getir hilang.

Lalu, mana yang ingin Anda gunakan? Apakah yang hangat yang berupa jus segar ditambah madu dan susu? Pilihan ada di tangan Anda. Yang jelas, dua cara tersebut tidak akan menghilangkan kandungan yang ada di kulit manggis sehingga Anda bisa mengambil khasiat kulit manggis untuk kesehatan Anda.

Artikel Lain

Leave a Comment