7 Tips Memilih Kitchen Set dengan Budget Minimal

7 tips memilih kitchen setRumah merupakan harta yang berharga bagi kita, karena rumah sebagai tempat tinggal kita, tempat kita berlindung, tempat kita berteduh dan sebagai tempat yang dapat di huni oleh seluruh keluarga. Rumah merupakan harta yang tinggi nilainya, dalam memperoleh rumah atau membangun rumah kita harus mengumpulkan uang banyak terlebih dahulu, karena memang harga atau biaya untuk membangunnya membutuhkan dana yang banyak. Bersyukurlah anda yang sudah memiliki rumah walaupun kecil, walaupun rumah tersebut kredit melalui KPR. Tapi bagaimanapun kecilnya tipe rumah ataukah besarnya rumah pasti kita ingin mendesain eksterior maupun interior rumah menjadi indah. Membuat taman, mempercantik pagar merupakan beberapa contoh dalam kita mendesain eksterior rumah.

Selain mendesain eksterior rumah, mendesain interior rumah menjadi cara untuk anda dapat membuat rumah kita menjadi lebih indah, cantik, elegan, mewah dan banyak lagi tergantung pandangan orang masing-masing dalam melihatnya. Salah satu ruangan yang perlu kita desain interiornya adalah ruang dapur.

Apabila anda memiliki dapur yang indah seharusnya ruangan yang lain pun di dalam rumah juga menjadi indah dan bersih, karena jika anda tidak bisa merawat dapur yang notabene sering digunakan untuk memasak, untuk menyiapkan hidangan makanan setiap hari bisa dipastikan anda nyaman dengan kondisi kotor atau jorok sehingga ruang yang lainpun akan terasa nyaman walaupun dalam kondisi kotor atau jorok.

Untuk mempercantik ruang dapur biasanya kita lebih memilih menggunakan rak atau kabinet-kabinet, tetapi alangkah baiknya anda menggunakan satu set perlengkapan tersebut. Dengan menggunakan kitchen set ruang dapur anda akan menjadi lebih cantik dan indah dilihat, karena semua perlengkapan dapur dapat tertata rapi dan dengan desain kitchen set yang bagus juga bisa membuat dapur anda lebih mewah dan elegan.

Lihat Juga: Desain Kitchen Set Untuk Mempercantik Dapur

Tidak sembarangan anda menempatkan kitchen set pada ruang dapur, anda harus bisa memilih desain yang seperti apa yang cocok untuk kondisi dapur. Begitu pula sesuaikan juga biaya yang harus anda keluarkan dalam membuat kitchen set, takutnya terlanjur membuat kitchen set yang tidak sesuai dengan harapan kita.

Berikut tips mudah memilih desain kitchen set bagi orang yang tidak mengerti tentang desain interior, khususnya pada desain ruangan dapur.

  1. Dari segi desain atau model, sesuaikan dengan kondisi ruang dapur anda, secara umum dapur terbagi menjadi 2, yaitu dapur kotor dan dapur bersih. Model untuk kitchen set sebagian besar ada yang berbentuk L, I atau U.
  2. Ketahui bahan yang digunakan, mayoritas pembuatan kitchen set sekarang sudah menggunakan plywood, karena memang dari segi pembuatan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Biasanya untuk bahan yang perlu kita ketahui yaitu Multipleks dan HPL yang digunakan untuk mempercantik lapisannya.
    Bahan Multipleks
    Bahan Multipleks
    bahan multipleks
    Bahan Multipleks

 

 

 

 

 

 

 

  1. Pilih motif dan warna, pemilihan motif dan juga warna dari kitchen set bisa anda sesuaikan dengan warna ruang dapur anda, untuk hal ini anda harus mengetahui motif dan juga warna dari HPL yang digunakan untuk melipis kitchen set. Apabila budget anda cukup, anda dapat memilih HPL yang mempunyai kualitas bagus dan motif warna yang bagus pula sesuai dengan ruang dapur anda.

    Contoh Motif dan Warna
  2. Tentukan letak kabinet dan laci, tentunya kita menginginkan kitchen set selain mempercantik ruang anda juga supaya mudah dalam meletak barang-barang perlengkapan dapur, jadi perlu kita tentukan jumlah dan juga letak dari kabinet maupun laci yang dibutuhkan.
  3. Lengkapi dengan cooker hood bila perlu, Cooker Hood memiliki fungsi untuk menyedot asap da uap panas yang dihasilkan dari proses memasak, jadi dengan memanfaatkan cooker hood dapat juga membuat furniture kitchen set anda menjadi lebih awet.
  4. Perhitungkan Budget yang dimiliki, tentunya yang paling penting adalah dana yang kita butuhkan untuk membuat kitchen set keinginan kita. Anda dapat meminimalisir budget dengan memilih vendor atau produsen dan juga bahan yang digunakan untuk membuatkan kitchen set anda. Untuk hal ini kita harus mendatangkan vendor kerumah kita terlebih dahulu untuk melihat kondisi dapur dan mintalah untuk menghitungkan kira-kira dana yang diperlukan untuk membuatnya.
  5. Pilihlah vendor yang Professional, vendor yang professional tidak harus dari perusahaan besar, tetapi yang berani memberikan hasil dengan kualitas yang bagus, dari bahan yang digunakan dan kitchen set yang dihasilkan, waktu yang digunakan untuk mengerjakan tidak menunggu terlalu lama.

Dari 7 tips memilih desain kitchen set tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam memilih kitchen untuk mempercantik ruang dapur anda perlu dipertimbangkan banyak hal. Yang paling penting adalah budget yang kita miliki, kita dapat meminimalisir budget dengan memilih vendor-vendor yang bukan dari perusahaan besar, tetapi dari perorangan yang memang sudah berpengalaman dalam pembuatan kitchen set bertahun-tahun dan mintalah contoh-contoh hasil kitchen set yang sudah pernah dibuat oleh produsen tersebut. Dengan menggunakan produsen-produsen kecil anda dapat meminimalisir budget dan juga waktu, karena pengerjaan akan menjadi lebih cepat tidak perlu menunggu antrian dari orang lain.

Berikut vendor atau produsen yang sudah malang melintang di dunia furniture puluhan tahun dengan hasil dan kualitas yang sudah terbukti.

Lihat: Produsen Pembuatan Kitchen Set Sesuai Permintaan

Artikel Lain

Leave a Comment